Breaking News:

Advertorial

Bupati Blitar Rijanto Serahkan Bantuan Sosial untuk Pekerja Seni dan Pelaku Usaha Pariwisata

Pemkab Blitar memberikan bantuan sosial (Bansos) kepada sejumlah pekerja seni dan pelaku usaha pariwisata yang terdampak pandemi virus Corona.

Pemkab Blitar
Bupati Blitar, Rijanto secara simbolis menyerahkan bantuan kepada perwakilan pekerja seni dan pelaku usaha pariwisata, Jumat (15/5/2020) sore. 

SURYA.co.id | BLITAR - Pemkab Blitar memberikan bantuan sosial (Bansos) kepada sejumlah pekerja seni dan pelaku usaha pariwisata yang terdampak pandemi virus Corona atau Covid-19. Penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan Bupati Blitar, Rijanto kepada perwakilan seniman dan pelaku pariwisata di Kantor Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Blitar, Jumat (15/5/2020).

Seusai menyerahkan bantuan, Bupati Blitar Rijanto mengatakan Pemkab Blitar memberikan bantuan kepada semua masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19, termasuk para pekerja seni dan pelaku pariwisata.

"Para pekerja seni dan pelaku pariwisata pendapatannya berkurang karena ada wabah Corona. Kami juga memberikan bantuan kepada mereka," kata Rijanto.

Dikatakannya, para pekerja seni ini mulai dalang, pengrawit, penyanyi, dan elekton.

Sedang pelaku pariwisata mulai travel, rumah makan, pedagang di kawasan wisata, usaha kuliner, dan perhotelan.

"Mereka yang biasanya ramai orderan saat momen seperti ini, sekarang usahanya mati karena wabah Corona," ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Blitar, Suhendro Winarso, menambahkan sebanyak 779 orang pekerja seni dan pelaku usaha pariwisata yang terdampak pandemi Covid-19 diusulkan untuk mendapat bantuan sosial dari pemerintah.

Dari jumlah itu, setelah dilakukan verifikasi oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar, hanya 413 orang yang disetujui mendapat bantuan sosial.

Sisanya tidak lolos karena sudah menerima bantuan sosial lainnya dari pemerintah.

"Sejumlah orang lainnya tidak lolos verifikasi karena sudah menerima bantuan sosial lainnya dari pemerintah. Tidak masalah, yang penting semua sudah mendapat bantuan sosial," katanya.

Dikatakannya, bantuan ini bukan untuk mencukupi semua kebutuhan para pekerja seni dan pelaku usaha pariwisata.

Tapi, setidaknya dengan bantuan ini pemerintah membantu meringankan ekonomi para pekerja seni dan pelaku usaha pariwisata.

"Kami meminta mereka tetap semangat dan bersabar. Pandemi ini harus dihadapi bersama-sama. Tanpa kekompakan kita tidak mungkin bisa menghadapi pandemi Covid-19," ujarnya.

Penulis: Samsul Hadi
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved