Breaking News:

Berita Bangkalan

Universitas Trunojoyo Madura Teken Kolaborasi Internasional dengan Malaysia dan Timor Leste

Upaya peningkatan kualitas institusi dilakukan UTM melalui jalinan kerjasama dengan Malaysia dan Timor Leste.

surya.co.id/ahmad faisol
Rektor UTM Dr Drs Ec H Muh Syarif Msi menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) Record of Discussion (RoD) dengan Politeknik Sultan Salahuddin Abdul Aziz Shah Malaysia dan Institute of Business Dili Timor Leste, Kamis (14/5/2020). 

SURYA.CO.ID, BANGKALAN - Universitas Trunojoyo Madura (UTM) terus mengepakkan sayapnya di mata internasional.

Upaya peningkatan kualitas institusi dilakukan UTM melalui jalinan kerjasama dengan Malaysia dan Timor Leste.

Rektor UTM Dr Drs Ec H Muh Syarif Msi menandatanganani Memorandum of Understanding (MoU) Record of Discussion (RoD) dengan Politeknik Sultan Salahuddin Abdul Aziz Shah Malaysia dan Institute of Business Dili Timor Leste, Kamis (14/5/2020).

Penandatanganan Nota Kesepahaman yang dilakukan secara online atau daring itu terkait Kolaborasi Internasional dan Impelentasi Kampus Merdeka antara Perguruan Tinggi (PT) Indonesia, PT Malaysia dan Timor Leste.

"Ini kolaborasi internasional, PT Indonesia yang tergabung dalam forum konsorsium, Kopertip Indonesia dengan Malaysia dan Timor Leste," ungkap Syarif kepada SURYA.co.id, Kamis (14/5/2020).

MoU tersebut merupakan realisasi dari diskusi-diskusi secara daring antara UTM, Institute of Business Dili Timor Leste, dan Kopertip Indonesia beberapa waktu sebelumnya.

Selain UTM, PT Indonesia juga diwakili Universitas Kadiri, Polteknik Piksi Input, dan STMIK Widya Utama (SWU) Purwokerto.

"Sebelumnya, UTM juga terlibat dalam konsorsium dengan sejumlah PT di Asia Tenggara. Kebetulan saat ini dengan Malaysia dan Timor Leste," jelasnya.

Syarif menyatakan, kolaborasi internasional antar PT tersebut merupakan upaya masing-masing institusi untuk meningkatkan kualitas dan grade akreditasi.

"Semakin banyak pengakuan internasional, gradenya semakin bagus," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Perencanaan dan Kerjasama UTM Trimulyani Budianingsih, SH MM mengungkapkan, poin kerjasamanya yakni peningkatan bidang Tri Dharma PT.

Di antaranya research, konvensi internasional, hingga pertukaran mahasiswa dan dosen untuk meningkatkan kualiatas masing masing PT.

"Akan ada dosen UTM yang akan mengajar secara daring ke MHS Timur Leste dan MHS di Malaysia, memfasilitasi publikasi dosen ke jurnal, ada penelitian ilmiah tentang layanan masyarakat," pungkasnya.

Penulis: Ahmad Faisol
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved