Berita Kediri

Pengidap Gangguan Jiwa yang Belasan Tahun Dirantai di Kediri Akhirnya Dibawa ke RSJ Lawang

Saat dibawa dengan mobil ambulans Puskesmas Ngadiluwih, Liyana sudah mau mengenakan baju daster. Sebelumnya juga telah dimandikan

surabaya.tribunnews.com/didik mashudi
Petugas membawa Liyana (dua dari kiri), penderita jiwa yang belasan tahun dirantai keluarganya, ke RSJ Lawang, Kamis (14/5/2020). 

SURYA.co.id | KEDIRI - Setelah kasusnya terungkap, Liyana (36) perempuan penderita gangguan jiwa yang dirantai keluarganya selama belasan tahun, akhirnya  dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Lawang, Kabupaten Malang, Kamis (14/5/2020).

Liyana merupakan warga Desa Slumbung, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri yang telah belasan tahun kakinya dirantai oleh keluarganya.

Saat dibawa dengan mobil ambulans Puskesmas Ngadiluwih, Liyana sudah mau mengenakan baju daster. Sebelumnya juga telah dimandikan sehingga kondisi badannya sudah relatif lebih bersih.

Sebelumnya, Liyana selalu bertelanjang dengan kondisi kaki kanan dirantai supaya tidak keluyuran dan mengamuk. Saat disuruh memakai baju juga ditolaknya.

Sehari sebelumnya Liyana juga dijenguk aparat Muspika Ngadiluwih. Melalui rapat dengan pihak terkait diputuskan untuk membawa Liyana menjalani perawatan di rumah sakit jiwa.

Kapolsek Ngadiluwih, AKP Muhklason saat dikonfirmasi menjelaskan, dari hasil koordinasi dengan instansi terkait disepakati setelah dilakukan rapid test dengan hasil negatif langsung membawa penderita ke RSJ Lawang.

Proses evakuasi Liyana juga berlangsung lancar, setelah dipastikan hasil rapid tes negatif, rantai berkarat yang selama ini membelenggu kakinya kemudian dilepaskan oleh petugas.

Selanjutnya Liyana juga mau mengenakan pakaian baju daster. Sejumlah petugas dari puskesmas bersama perangkat desa dan perwakilan keluarga ada yang mengantar penderita dirujuk ke RSJ Lawang.

AKP Muhklason juga menjelaskan, selain Liyana di Desa Slumbung juga ada penderita jiwa lainnya bernama Kaswan (50). Namun Kaswan tidak ikut dirujuk ke RSJ Lawang.

Selama ini Kaswan masih bisa diajak komunikasi dan kadang-kadang masih mengamuk. Sehingga penderita tidak diperkenankan keluar rumah oleh keluarganya. Namun penderita telah mendapatkan pantauan dari bidan desa.

Perempuan di Kediri Dirantai Belasan Tahun Dalam Kondisi Telanjang Karena Depresi

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved