Berita Surabaya

Robotika Tak Diakui di Jalur Prestasi PPDB SMA/SMK, Ini Penjelasan Dindik Jatim

Orang tua wali murid di Surabaya galau lantaran prestasi Robotika tidak diakui di Jalur Prestasi PPDB jenjang SMA/SMK di Jatim

surya/ahmad zaimul haq
Ilustrasi, wali murid dan siswa lulusan SMP mengambil pin Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Pendaftaran PPDB jenjang SMA/SMK di Jatim termasuk Surabaya akan dimulai pada 15-16 Juni 2020 melalui Jalur Prestasi.

Namun orang tua wali murid di Surabaya galau lantaran prestasi Robotika tidak diakui di Jalur Prestasi.

Meski dianggap kemampuan sains karena berkaitan dengan Programmer, namun dalam Juknis PPDB Jalur Prestasi kejuaraan, kontes, atau apa pun Robotika tidak diakomodasi dalam jalur ini.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Pendidikan Jatim Wahid Wahyudi menjelaskan, prestasi Robotika perlu penyempurnaan dalam hal penyelenggaraan.

"Sinergi dengan Pemerintah," jelas Wahid, Rabu (13/5/2020).

Mantan Kepala Dishub Jatim ini tetap akan mengacu pada Petunjuk Teknis (Juknis) PPDB Jatim yang sudah disepakati bersama.

Wahid menyampaikan, Juknis PPDB sudah melalui proses panjang.

Sudah dibahas dan didiskusikan dengan berbagai elemen dan para pelaku pendidikan.

Pembahasan sehingga menelurkan Juknis PPDB itu melibatkan Dinas Pendidikan, Dewan Pendidikan, Musyawarah Kerja Kepala Sekokah (MMKKS), para Kacabdin, Komisi E DPRD Jatim, Kemendikbud, serta Tim Ahli dari ITS.

Disepakati, PPDB Jalur Prestasi lomba adalah lomba mata pelajaran, sains, olahraga, para game, seni, tilawah (seni baca dan hafal Alquran), paduan suara, hingga Pramuka.

Halaman
12
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved