Iuran BPJS Naik

Baru Umumkan Iuran BPJS Naik, Perpres Jokowi Akan Digugat Lagi, KPCDI: Pemerintah Ngakali Putusan MA

Keluarnya Perpres 64 Tahun 2020 berisi tentang iuran BPJS naik lagi akan digugat oleh Komunitas Pasien Cuci Darah Indonesia ( KPCDI).

SURYA.co.id/M Sudarsono
Kartu BPJS Kesehatan. Baru Umumkan Iuran BPJS Naik, Perpres Jokowi Akan Digugat Lagi, KPCDI: Pemerintah Ngakali Putusan MA 

SURYA.co.id | JAKARTA - Keluarnya Peraturan Presiden (Perpres) 64 Tahun 2020 berisi tentang iuran BPJS naik lagi akan digugat oleh Komunitas Pasien Cuci Darah Indonesia (KPCDI).

KPCDI menyebut, keluarnya perpres tersebut menunjukkan pemerintah mengakali putusan Mahkamah Agung (MA) yang membatalkan Perpres 75 Tahun 2019, tentang kenaikan iuran BPJS Kesehatan sebesar 100 persen.

Saat ini KPCDI sedang mengumpulkan materiil sebagai bahan gugatan Perpres tersebut.

Uji materi akan menyasar ke Peraturan Presiden Nomor 64 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua atas Perpres Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan yang baru saja diteken Presiden Jokowi pada 5 Mei lalu.

Iuran BPJS Naik Lagi, tapi Kelas III Dapat Subsidi, Kelas II dan I Tetap, Ini Rincian Kenaikannya

"KPCDI berencana kembali mengajukan uji materi ke MA kembali atas perpres tersebut.

Saat ini sedang berdiskusi dengan tim pengacara dan menyusun uji materi tersebut," ujar Sekjen KPCDI Petrus Hariyanto dalam keterangan tertulisnya, Rabu (13/5/2020).

KPCDI menyayangkan sikap pemerintah yang telah menerbitkan Perpres 64 Tahun 2020, sebagai pelaksanaan keputusan MK yang membatalkan Perpres 75 Tahun 2019, tentang kenaikan iuran BPJS Kesehatan sebesar 100 persen.

Menurut Petrus, walau ada perubahan jumlah angka kenaikan dalam Perpres Nomor 64, tapi hal itu dirasakan masih memberatkan masyarakat.

"Terlebih saat ini masih dalam situasi krisis wabah Covid-19.

KPCDI melihat hal itu sebagai bentuk pemerintah mengakali keputusan MA, " kata Petrus.

Halaman
123
Editor: Iksan Fauzi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved