Breaking News:

Kilas Balik

14.000 KKB Papua Akhirnya Menyerah Kembali ke NKRI Berkat Sarwo Edhie Wibowo, Ini Biodatanya

Sedikitnya 14.000 anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua akhirnya menyerah, kembali ke NKRI berkat Sarwo Edhie Wibowo.

Penulis: Putra Dewangga Candra Seta | Editor: Tri Mulyono
Kolase Wikipedia dan Facebook TPNPB
Sarwo Edhie Wibowo semasa muda (kiri). Ia sukses mengajak 14.000 KKB Papua kembali ke NKRI. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA -  Sedikitnya 14.000 anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua akhirnya menyerah, kembali ke Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berkat Sarwo Edhie Wibowo.

Letnan Jenderal (Letjen) TNI Sarwo Edhie Wibowo yang telah almarhum adalah seorang tokoh militer Indonesia yang disegani.

Ia adalah ayah dari Kristiani Herrawati, ibu negara Republik Indonesia, yang merupakan istri dari Presiden ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono.

Kilas balik Surya.co.id kali ini membahas biodata dan sepak terjang Sarwo Edhie Wibowo dalam penanganan KKB Papua.

Diharapkan strategi Sarwo Edhie meluluhkan hati para KKB Papua bisa menjadi referensi untuk menangani KKB Papua yang saat ini masih meresahkan.

Dalam catatan sejarah, saat itu pada tahun 1964-1967, sosok Lodewijk Mandatjan merupakan seorang pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB Papua yang paling legendaris dan terbesar dengan aksi terornya yang sadis.

Namun, meski demikian, Lodewijk Mandatjan dan pasukan akhirnya menyerah dan kembali ke NKRI berkat usaha Sarwo Edhie Wibowo.

Dimulai ketika Sarwo Edhie Wibowo menjabat sebagai Panglima Kodam XVII/Tjendrawasih pada tahun 1968-1970.

Melansir dari buku berjudul 'Sarwo Edhie dan Misteri 1965' seri buku TEMPO, Sarwo Edhie Wibowo mulai membenahi model operasinya untuk menghadapi KKB Papua pimpinan Lodewijk Mandatjan.

Operasi rancangan Sarwo Edhie Wibowo ini mengutamakan operasi teritorial bersifat persuasif tanpa peperangan agar anggota KKB Papua menyerahkan diri.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved