Berita Surabaya

PKS Jatim Gagas Gerakan Ayo Menanam : Pandemi Covid-19 Momentum Swasembada Pangan

DPW PKS Jatim menggagas Gerakan Ayo Menanam dengan mengajak anggota PKS dan masyarakat Jatim untuk bercocok tanam

Foto Istimewa
PKS Jatim launching Gerakan Ayo Menanam, wujudkan swasembada pangan di tengah pandemi Covid-19 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - DPW PKS Jatim menggagas Gerakan Ayo Menanam dengan mengajak anggota PKS dan masyarakat Jatim untuk bercocok tanam di rumah memanfaatkan lahan yang ada dan juga limbah rumah tangga.

Hal ini sebagai respon PKS Jatim melihat belum berakhirnya masa pandemi covid-19, dan diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di bererapa daerah di Jatim yang membuat banyak warga masyarakat yang kesulitan bahan pangan. Baik itu sembako termasuk beras, maupun lauk pauk.

Gerakan Ayo Menanam ini di-launching oleh Ketua Umum DPW PKS Jatim Irwan Setiawan pada Sabtu (10/5/2020) bersama para pengurus Dewan Pengurus Daerah (DPD) PKS di Kabupaten/Kota se-Jatim melalui video telekonferensi zoom dan live streaming youtube dan facebook yang disaksikan ribuan warganet.

Irwan Setiawan mengatakan pada masa pandemi serta pemberlakuan PSBB yang memaksa masyarakat harus lebih banyak di rumah merupakan momentum masyarakat untuk bisa swasembada pangan.

Apalagi, lanjut Kang Irwan, Jawa Timur mempunyai potensi agrobisnis yang besar baik di sektor pertanian, perikanan, peternakan, maupun perkebunan

"Masa pandemi ini kesempatan bagi kita meningkatkan hasil pertanian sekaligus mewujudkan ketahanan pangan keluarga," ujar Kang Irwan, panggilan akrabnya.

Mengutip Presiden PKS Sohibul Iman, Kang Irwan mengajak agar bercocok tanam menjadi hobi, habbit, dan gaya hidup.

"Pertama kita mengajak masyarakat semakin dekat dengan alam, lalu menjadikan sebagai gaya hidup. Baru setelah itu kita bisa menjadikan sebagai mata pencaharian," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Bidang Petani Pekerja dan Nelayan (BPPN) DPW PKS Jatim Fajar Pujilaksono menuturkan, gerakan ini akan ditindaklanjuti oleh seluruh pengurus partai dan juga anggota PKS sampai di tingkat desa dan kampung-kampung.

"Mengajak sebanyak mungkin warga masyarakat untuk turut serta. Sehingga nantinya bisa memanen sayur dan buah di lahan milik sendiri dan tidak perlu menggantungkan pasokan dari pasar atau daerah lain," tuturnya.

Halaman
12
Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved