Virus Corona di Lamongan

Positif Covid-19 di Lamongan Mencapai 49 Pasien, Berhasil Sembuh 9 Orang

Jumlah penderita virus Corona atau Covid-19 di Lamongan Jawa Timur cenderung meningkat, namun ada kabar yang menggembirakan.

SURYA.CO.ID/Hanif Manshuri
Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lamongan, dr Taufik Hidayat. 

SURYA.CO.ID, LAMONGAN - Jumlah penderita virus Corona atau Covid-19 di Lamongan Jawa Timur cenderung meningkat, namun ada kabar yang menggembirakan.

Pasien Covid-19 yang sembuh di Lamongan dinyatakan juga terus bertambah. Tercatat, hingga kini ada 9 orang sembuh dari Covid-9.

Sementara, jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 hingga Sabtu (9/5/2020) ini, terdata ada sebanyak 49 penderita.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (TGTPP) Covid-19 Lamongan, dr Taufik Hidayat menyebutkan, 9 pasien yang dinyatakan sembuh berasal dari berbagai klaster.

"9 warga yang sudah sembuh itu kini bisa kembali beraktifitas normal. mereka ada yang dari klaster pelatihan haji, ada pekerja dan yang terakhir dari nelayan," kata Taufik Hidayat, Sabtu (9/5/2020).

Data Dinkes Lamongan menunjukkan, ke 9 warga Lamongan yang sudah dinyatakan sembuh tersebut berasal dari 7 kecamatan di Lamongan, yaitu Kecamatan Kedungpring, Deket, Turi, Maduran, Paciran dan Kecamatan Lamongan.

Selain itu, korban Covid-19 yang meninggal dunia ada 7, ODP sebanyak 378 orang, PDP 147 orang, OTG 567 orang dan ODR 42.994 orang.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lamongan juga memilih memperbanyak melakukan penelusuran kontak dan melakukan rapid test, juga menerapkan strategi baru untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

Yaitu, memberlakukan pengetatan penerapan protokol kesehatan, yakni karantina desa untuk 3 desa dan 1 kelurahan.

Desa yang memberlakukan karantina itu adalah wilayah desa atau kelurahan yang memiliki kasus terkonfirmasi positif lebih dari 3 korban, karena ada kecenderungan kasus bertambah serta ada kasus impor dan transmisi lokal. Hal tersebut dilakukan untuk memutus rantai penularan Covid-19.

"Menemukan sebanyak-banyaknya yang positif. Begitu berhasil diketahui, kemudian dilakukan tindakan isolasi dan penanganan medis," pungkasnya.

Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved