Breaking News:

Virus Corona di Jember

Polisi Beri Bantuan Sembako Untuk Warga 1 RT di Jember yang Terapkan Karantina Wilayah

Polisi di Jember memberikan bantuan sembako untuk warga 1 RT di Kecamatan Sumberbaru, Kabupaten Jember, yang menerapkan karantina wilayah

surabaya.tribunnews.com/sri wahyunik
Anggota Polsek Sumberbaru di Jember saat membagikan bantuan sembako kepada warga 1 RT yang menerapkan karantina mandiri. 

SURYA.co.id | JEMBER - Setelah ada satu orang terkonfirmasi positif di Kecamatan Sumberbaru, kabupaten Jember, warga di sekitar rumah pasien terkonfirmasi itu melakukan 'karantina wilayah' secara mandiri. Karantina itu dilakukan oleh warga satu RT di Desa Kaliglagah Kecamatan Sumberbaru itu.

Pada Kamis (7/5/2020), sejumlah pihak melakukan kegiatan tindak lanjut setelah adanya pengumuman pasien terkonfirmasi positif dari Desa Kaliglagah, Kecamatan Sumberbaru itu.

Di RT tempat tinggal warga yang terkonfirmasi positif itu terdapat 42 KK atau 140 jiwa yang melakukan karantina mandiri.

Sedangkan empat orang keluarga inti pasien terkonfirmasi positif itu menjalani pemeriksaan dan observasi di sebuah rumah sakit di Jember. Keempat orang itu antara lain menjalani pemeriksaan cepat atau rapid test.

Sementara itu, tim gabungan melakukan penyemprotan disinfektan di rumah keluarga pasien terkonfirmasi Covid-19, dan di lingkungan tersebut. Penyemprotan disinfektan dilakukan secara menyeluruh oleh personel Polsek Sumberbaru, Koramil Sumberbaru, Kecamatan Sumberbaru, petugas kesehatan, BPBD Jember, perangkat Desa Kaliglagah, dan relawan.

Lalu pada Kamis (7/5/2020) siang, jajaran Polsek Sumberbaru membagikan paket sembako kepada warga setempat yang melakukan karantina wilayah secara mandiri itu.

"Pembagian sembako ini untuk meringankan beban sejumlah warga yang terdampak pandemi Covid-19. Sekaligus persiapan dapur umum mengingat wilayah tersebut melakukan 'lock-down' setelah hasil dari laboratorium, satu orang dinyatakan positif," ujar Kapolsek Sumberbaru, AKP Subagiyo kepada Surya.

Bantuan sembako itu dititipkan kepada ketua RT setempat. Selain memberikan paket sembako, polisi juga mengimbau warga setempat untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan, menghindari kerumunan, menjaga jarak, dan mengurangi aktivitas di luar rumah, juga memakai masker jika ke luar rumah.

Kepada warga setempat, Subagiyo juga meminta kepada para warga untuk memberitahu sanak saudaranya yang berada di luar daerah untuk tidak kembali atau mudik dulu ke desa setempat.

Lebih lanjut Subagiyo juga memberikan edukasi kepada warga sekitar untuk tidak memberikan stigma negatif kepada keluarga pasien terkonfirmasi positif itu. "Jangan ada stigma negatif, jangan dikucilkan. Harus saling support," tegas Subagiyo.

Seperti diberitakan sebelumnya, Rabu (6/5/2020), Satgas Penanganan Covid-19 Jember mengumumkan tambahan satu pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Jember. Dia adalah seorang tukang ojek di Papua, dan baru pulang ke Jember pada 30 Maret lalu. Dia adalah warga Desa Kaliglagah Kecamatan Sumberbaru. Kini dia menjalani perawatan di RS Djatiroto, Lumajang.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved