Breaking News:

Berita Surabaya

Moda Transportasi Sudah Dibuka, Pelabuhan Tanjung Perak Tetap Ikuti Aturan Kemenhub

Moda transportasi yang dibuka bukan untuk kepentingan penumpang mudik, karena mudik tetap dilarang oleh pemerintah.

Penulis: Febrianto Ramadani | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Febrianto Ramadani
Suasana aktivitas bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Kamis (7/5/2020). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Kementerian Perhubungan telah menerbitkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 Tahun 2020, tentang Pengendalian Transportasi Selama Musim Mudik Idul Fitri 1441 H, dalam rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Sejumlah moda transportasi udara, laut dan darat, telah dibuka kembali. Salah satunya adalah Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Pantauan di lokasi, aktivitas di tempat tersebut berjalan normal seperti biasa.

VP Corporate Communication Pelindo 3, Wilis Aji Wiranata mengatakan sampai sekarang pihaknya masih berpedoman pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 tahun 2020, untuk mengoperasikan Pelabuhan Tanjung Perak.

"Di peraturan itu sudah dijelaskan, kriteria perjalanan yang dikecualikan adalah kepentingan khusus dan telah ditentukan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19," ujarnya, Kamis (7/5/2020).

Selain itu, lanjut Wilis, kendaraan seperti pengangkut logistik atau barang kebutuhan pokok, obat-obatan dan alat kesehatan juga dikecualikan karena terlibat langsung dalam penanganan penyebaran virus corona.

"Semua penumpang di dalamnya yang telah diperbolehkan dan memenuhi kriteria maupun syarat di dalam aturan tersebut sudah diatur protokol kesehatan yang ketat," terangnya.

Sehingga, moda transportasi yang dibuka bukan untuk kepentingan penumpang mudik, karena mudik tetap dilarang oleh pemerintah.

Wilis Aji juga menegaskan, aktivitas logistik selama penerapan PSBB tidak ada perubahan sama sekali.

"Logistik jalan normal tanpa ada pembatasan hanya semua juga harus melalui protokol kesehatan yg ketat," tegasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved