Virus Corona di Surabaya

Menhub Longgarkan Kebijakan Mudik, Dishub Surabaya: Kami Rakorkan Dulu dengan Pemprov, Dinkes dan RS

Menhub berencana akan mengaktifkan kembali moda transportasi umum di tengah pandemi virus Corona, mulai Kamis (7/5/2020).

surya.co.id/fatimatuz zahro
Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya, Irvan Wahyudrajad. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berencana akan mengaktifkan kembali moda transportasi umum di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19, mulai Kamis (7/5/2020).

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya, Irvan Wahyudrajad mengatakan akan melanjutkan rapat koordinasi setelah menerima peraturan terbaru tersebut.

"Itu kan baru berita ya. Nanti kalau terima hardcopynya (instruksi) kami rakorkan dulu dengan pihak pemerintah provinsi," kata Irvan saat dihubungi, Rabu (6/5/2020).

Pembahasan tersebut perlu dikoordinasikan hingga tingkat pemerintah provinsi, pasalnya angkutan moda transportasi di Surabaya banyak, ada armada yang menyediakan jurusan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) maupun Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

"Ya paling koordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes). Terus rumah sakit (RS) siap apa gak? Misalkan di Purabaya itu banyak loh penumpang yang hanya transit setelah itu dilanjutkan ke daerah-daerah atau kabupaten lain," ucap dia.

Irvan menambahkan, kelonggaran tersebut bukanlah bentuk penghapusan Peraturan Menteri Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi selama Musim Mudik Idul Fitri 1441 H dalam rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19. Melainkan hal itu adalah turunan dari sebuah kebijakan tersebut.

"Peraturan Menteri No.25 masih berlaku sampai tanggal 31 Mei 2020. Jadi ini bukan dibolehkan semua enggak. Tapi lebih untuk orang yang sudah habis kontrak kerja. Contoh pekerja migran yang sudah habis kontrak kerja di luar negeri kalau menetap disana kan ya gak mungkin mangkannya kembali pulang kampung," pungkas Irvan.

Penulis: Tony Hermawan
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved