Breaking News:

Virus Corona di Jatim

Atlet Harus Jaga Kondisi Tubuh Tetap Prima Supaya Tak Terjangkit COVID-19 saat Pandemi Corona

Atlet Jatim dan olahragawan diminta tetap menjaga betul kondisi tubuh selama jalani latihan di rumah supaya tak terjangkit virus Corona atau COCID-19

KONI Jatim
Dr Ardian Chahya Laksana, Sp.OG (kiri) dan dr Mohammad Shoifi Sp.OT (RS National) dalam seminar online Tata Laksana penanganan Covid-19 atau virus Corona di kalangan atlet, pelatih, pengurus dan seluruh stakeholder olahraga yang digelar KONI Jatim, Rabu (6/5/2020). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Para atlet Jawa Timur (Jatim) dan olahragawan diminta tetap menjaga betul kondisi tubuh selama menjalani latihan di rumah supaya tak terjangkit virus Corona atau COVID-19.

Permintaan tersebut dilontarkan dr Alfian Nur Rosyid, salah satu Salah satu pembicara seminar online "Tata Laksana penanganan Covid-19 atau virus Corona di kalangan atlet, pelatih, pengurus dan seluruh stakeholder olahraga yang digelar KONI Jatim, Rabu (6/5/2020).

dr Alfian Nur Rosyid mengatakan, para atlet harus menjaga betul kondisinya selama latihan di rumah agar tidak tertular virus. Pasalnya, tidak ada jaminan tubuh yang kuat bisa bebas dari virus.

“Atlet prinsip pencegahan sama saja, jadi tidak ada jaminan atlet lebih kebal karena virus sangat gampang masuk ke saluran nafas karena ukurannya sangat kecil. Kalau mereka merasa aman gak paka masker dan gak physical distancing, virus bisa masuk ke mereka,” kata Alfian.

Menurut Alfian, upaya yang dilakukan seperti mengkonsumsi vitamin tak lain untuk memperkuat daya tahan tubuh bukan membendung masuknya virus. Ketika sudah ada virus maka kondisi bisa saja menjadi menurun.

dr Rahadian Reza Dewanto, Ketua Panitia Pelaksana seminar online ini menjelaskan, seminar ini untuk memberi pemahaman terkait virus kepada para atlet agar dapat mengantisipasi tertular covid-19.

Menurut Rahardian, seorang atlet yang hidup sehat dengan pola latihan dan makan yang teratur masih terancam terpapar Covid-19.

“Jadi sebenarnya Covid ini di manapun tetap akan ada risiko terkena Corona, termasuk atlet yang punya kondisi prima. Nah, ini meminimalisasi agar para atlet ini punya pengetahuan mencegah penyebaran Corona,” jelas Rahardian sambil menyebut ada sebanyak 450 peserta yang terdiri dari atlet, pelatih, dan pengurus cabang olahraga yang ikut seminar ini.

Dalam sambutannya, Ketua KONI Jatim, Erlangga Satriagung menyampaikan, kegiatan ini diselenggarakan untuk memberikan pemahaman tentang covid-19.

Menurut Erlangga, bicara soal Tata Laksana Covid-19, maka akan membahas dari pemahaman tentang virus Corona, bagaimana penyebarannya, bagaimana pencegahan dan bagaimana kuratif atau pengobatannya.

Halaman
12
Editor: Fatkhul Alami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved