Berita Tuban

Kisah Sedih 15 Warga Tuban Terlantar dan Terkatung-katung di Sumatera hingga Cilegon Akibat COVID-19

15 warga yang sempat terlantar di Cilegon Banten tersebut sebelumnya bekerja di Jambi, Sumatera dalam proyek pemasangan listrik

Istimewa
Kelima belas warga Tuban yang terlantar di Kota Cilegon, Banten, akhirnya pulang dan tiba di Kantor Gugus Tugas Covid-19 Tuban, Minggu (3/5/2020), dini hari. 

SURYA.co.id | TUBAN - Belasan Warga Tuban akhirnya pulang setelah beberapa hari terlantar di Kota Cilegon, Provisi Banten. Mereka terlantar dan akhirnya diantar oleh Bus Pemkot Cilegon, setelah dilakukan kordinasi dengan Pemkab Tuban.

Kelima belas warga itu pun tiba di Posko Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Tuban, Minggu (3/5/2020), dini hari, disambut Dandim 0811 Tuban selaku Wakil Gugus Tugas, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Tuban, Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Tuban, serta pejabat lainnya di dinas terkait.

Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Tuban, Didik Purwanto mengisahkan, bahwa 15 warga yang sempat terlantar di Cilegon Banten tersebut sebelumnya bekerja di Jambi, Sumatera dalam proyek pemasangan listrik.

Tetapi karena proyek tersebut berhenti terdampak COVID-19, pada 29 April 2020 mereka berniat pulang ke Tuban menumpang truk dari Jambi sampai Palembang.

Dari Palembang mereka melanjutkan perjalanan ke Lampung menggunakan Mobil Box, namun mereka tertangkap dalam operasi penyekatan wilayah di Pelabuhan Bakauheni Lampung.

"Selama sehari semalam rombongan terkatung-katung di Pelabuhan Bakauheni, hingga mereka mendapat tumpangan mobil box lagi dan berhasil menyebrang selat Sunda, namun tertangkap kembali di Pelabuhan Merak-Cilegon Banten," ujar Didik dikonfirmasi.

Dia menjelaskan, belasan warga Tuban yang terjaring di Cilegon karena kota tersebut menerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), nasib mereka tidak jelas selama kurang lebih tiga hari sampai datang bantuan bus dari Pemkot Cilegon, yang sebelumnya mendapat laporan dan berkoordinasi dengan Pemkab Tuban.

Diungkapkan mantan Camat Tambakboyo tersebut, upaya pemulangan ini berbuah setelah salah satu warga dari Kecamatan Kerek, Tuban menghubungi kepala desa setempat, selanjutnya kepala desa berkoordinasi dengan Camat dan melaporkan ke Gugus Tugas Kabupaten.

Bermula dari laporan itulah Tim Gugus Tugas menindaklanjuti dengan melakukan koordinasi dengan Pemkot Cilegon.

"Alhamdulillah, kelima belas warga Tuban tersebut diurus dengan baik dan dapat dipulangkan dengan selamat sampai Tuban. Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Cilegon atas bantuan yang telah diberikan." imbuhnya.

Halaman
12
Penulis: M. Sudarsono
Editor: Fatkhul Alami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved