Breaking News:

Berita Probolinggo

Ribuan Ubur-Ubur Serang Pembangkit PLTU Paiton, Ini Serangan Kedua Setelah Tahun 2016

Serangan ubur-ubur di tahun 2016 lalu, membuat mesin sempat mati dan berimbas pada pasokan listrik ke PLN.

foto: Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar-KKP
Ilustrasi: Proses pembebasan hiu paus yang terdampar dan terjebak kanal PLTU Paiton Probolinggo Jatiim oleh tim penyelamat. 

SURYA.CO.ID I SURABAYA -

Ribuan ekor ubur-ubur mulai mendekat ke areal sistim pendingin konsedor unit pembangkit yang ada di perairan kawasan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Paiton, di Kabupaten Probolinggo.

Kehadiran ubur-ubur tersebut, diakui oleh Humas PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB), Andhanto KM, saat dihubungi Senin (27/4/2020).

"Betul ada ubur-ubur yang mendekat, tapi belum masuk ke area mesin. Karena memang sudah ada jaring pengamannya," jelas pria yang akrab disapa Kaem tersebut.

Proses penanganan telah dilakukan dengan metode yang ramah lingkungan dan tidak mengganggu pasokan listrik. Karena, serangan ubur-ubur ini bukan yang pertama.

Menurut Kaem, serangan ubur-ubur terakhir pada tahun 2016.

General Manager UP Paiton 1 dan 2, Mustofa Abdullah, mengatakan ribuan ubur-ubur yang terpantau bergerak secara massif dari arah barat sejak dua hari lalu akan dikendalikan dengan tiga lapis pengaman berupa jaring-jaring.

Yaitu, jaring pertama di pasang di intake kanal tempat masuk air laut yang berfungsi sebagai pendingin kondensor unit pembangkit.

"Intake kanal ini selain sebagai pintu masuk air laut dan biota laut kecil menuju arah dalam unit pembangkit merupakan penghalau pertama ubur-ubur memasuki wilayah PLTU," jelas Mustofa.

Pengaman yang kedua ditempatkan di wilayah pompa, untuk menghindari ubur-ubur tersedot pompa, dan yang ketiga dipasang di depan area mesin untuk menghindari ubur-ubur masuk ke dalam komponen mesin dan mengganggu operasional PLTU.

Dikutip dari kejadian tahun 2016 lalu, fenomena serangan ubur-ubur ini, mungkin terkait dengan dimulainya musim dingin di Australia dan adanya pergantian musim di daerah JawaTimur.

Serangan ubur-ubur di tahun 2016 lalu, membuat mesin sempat mati dan berimbas pada pasokan listrik ke PLN. Kejadiannya berlangsung mulai tanggal 26 April 2016 hingga 30 April 2016.

Upaya yang dilakukan di tahun tersebut, adalah dengan memasang jaring jellyfish atau jaring untuk ubur-ubur dan membersihkan dengan melibatkan 90 personel.

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Anas Miftakhudin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved