Virus Corona di Mojokerto

Rusunawa Cinde di Kota Mojokerto Dimanfaatkan Sebagai Gedung Observasi ODR Covid-19

Ruangan Rusunawa Cinde juga dipersiapkan untuk karantina bagi pemudik dari luar kota yang nekat pulang kampung ke Kota Mojokerto

SURYA.CO.ID/Mohammad Romadoni
Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari saat meninjau Rusunawa di Jalan Cinde Baru Kelurahan Blooto, Kecamatan Prajuritkulon, Kota Mojokerto. 

SURYA.CO.ID, MOJOKERTO - Pemkot Mojokerto memanfaatkan ruangan rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) di Jalan Cinde Baru, Kelurahan Blooto, Kecamatan Prajuritkulon, Kota Mojokerto, sebagai gedung observasi Orang Dalam Risiko (ODR) Covid-19.

Ruangan Rusunawa Cinde juga dipersiapkan untuk karantina bagi pemudik dari luar kota yang nekat pulang kampung ke Kota Mojokerto di saat merebaknya wabah Pandemi virus Corona.

Apalagi, bagi mereka pemudik yang berasal dari daerah terpapar virus Corona yang secara otomatis dikategorikan sebagai ODR Covid-19.

Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari menjelaskan, rusunawa dimanfaatkan untuk ruang karantina atau isolasi bagi ODR yang pernah berinteraksi dengan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19.

"Kami sudah mempersiapkan 55 ruangan isolasi di seluruh rumah sakit di Kota Mojokerto. Kami juga harus menyediakan ruangan karantina dari hasil tracking bagi mereka yang pernah kontak fisik langsung dengan Pasien Dalam Pengawasan," ungkapnya, Sabtu (25/4/2020).

Ning Ita, sapaan akrab Wali Kota Mojokerto mengatakan, Pemkot Mojokerto sudah menyediakan 60 ruangan dan bisa menampung 240 orang di Rusunawa Cinde. Apalagi, kondisi bangunan rusunawa relatif masih baru yang didukung berbagai fasilitas meliputi ruangan tempat tidur, persediaan air dan tempat parkir.

"Dari hasil tracking mereka yang pernah berinteraksi sosial dengan PDP harus segera dilakukan karantina atau diperkenankan mengisolasi mandiri sesuai dengan SOP kesehatan yang diawasi ketat oleh petugas," jelasnya.

Menurut Ning Ita, pihaknya bersinergi bersama TNI-Polri berupaya melakukan pencegahan Covid-19 di wilayah Kota Mojokerto.

Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved