Breaking News:

Berita Sidoarjo

Beri Bantuan, Bambang Haryo Soekartono Dicurhati Para Nelayan di Kabupaten Sidoarjo

Bakal Calon Bupati (Bacabup) Sidoarjo Bambang Haryo Soekartono (BHS) memberikan bantuan 25 life jacket dan ratusan masker

Foto Istimewa
Bambang Haryo Soekartono (BHS) memberikan bantuan 25 jaket pelampung dan ratusan masker ke para nelayan di Desa Kalanganyar, Kecamatan Sedati, Sidoarjo, Senin (20/4/2020). 

SURYA.CO.ID, SIDOARJO - Bakal Calon Bupati (Bacabup) Sidoarjo Bambang Haryo Soekartono (BHS) memberikan bantuan 25 life jacket (jaket pelampung) dan ratusan masker ke para nelayan di Desa Kalanganyar, Kecamatan Sedati, Sidoarjo, Senin (20/4/2020).

Saat memberikan bantuan itu, BHS mendapatkan keluhan dari para nelayan, baik nelayan tangkap maupun nelayan budidaya yang ada di ujung timur Sidoarjo.

Mereka terutama mengeluhkan adanya kerusakan tambak hingga 1.000 hektar.

Kerusakan tambak sejak 7 sampai 10 tahun lalu hingga mangkrak sekarang ini lantaran tambak diterjang air laut pasang (rob).

Kendati kerusakan sudah bertahun-tahun, tetapi tak ada perhatian Pemkab Sidoarjo agar tambak itu bisa digunakan untuk budidaya ikan kembali.

"Kerusakan seluruhnya dari ujung selatan sampai utara ada 1.000 hektar karena diterjang rob. Rata-rata satu tambak seluas 3 sampai 4 hektar. Jadi, ada 200 tambak yang sekarang rusak dan tak bisa digunakan. Tapi bertahun-tahun tak diperbaiki Pemkab Sidoarjo," kata salah satu tokoh nelayan setempat, Rudi.

Padahal, lanjut Rudi, tidak semua petambak memiliki modal besar.

Jika kerusakan tambak hanya diperbaiki untuk petambak yang punya modal, maka kerusakan tambak yang dimiliki petambak yang kekurangan modal.

Akhirnya semua tambak mengalami kerusakan diterjang rob.

"Kalau diperbaiki harus bersamaan agar tambak bisa difungsikan untuk budidaya. Anggarannya harus ada perbaikan dari pemerintah," pintanya.

Halaman
123
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved