Breaking News:

Pertamina MOR V Fasilitasi UMKM Produksi APD untuk Atasi Kebutuhan Tenaga Medis

Pertamina MOR V, berkoordinasi dengan UMKM mitra binaan untuk membuat Alat Pelindung Diri (APD)

Penulis: Sri Handi Lestari | Editor: Cak Sur
Istimewa
Para ibu rumah tangga yang memiliki UKM dan menjadi binaan Pertamina MOR V sedang memproduksi APD untuk disumbangkan melalui Posko Tanggap Covid-19 BUMN Bidang Logistik di Jatim. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V Jatim Bali Nusra, berkoordinasi dengan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mitra binaan untuk mulai membuat Alat Pelindung Diri (APD).
Langkah ini dilakukan guna menjadi solusi pada saat APD sudah mulai langka di pasaran.

Unit Manager Communication Relation & CSR Pertamina MOR V, Rustam Aji menyampaikan, pihaknya mencoba menawarkan solusi terhadap kebutuhan keberlangsungan industri UMKM dan sekaligus menjawab permasalahan akan tingginya permintaan APD yang berbanding terbalik dengan minimnya stok ketersediaan APD pada masa sekarang ini.

"Kami memesan bantuan APD dan masker kain ini dari UMKM binaan Program CSR dan Program Kemitraan, dengan harapan dapat memberdayakan UMKM yang juga terdampak secara ekonomi selama wabah virus Corona atau Covid-19 ini," kata Rustam Aji, Rabu (22/4/2020).

UMKM yang sebelumnya bergerak di bidang konveksi, diminta mengubah jenis produknya agar dapat berperan dalam penanganan penyebaran Covid-19.

UMKM tersebut mayoritas dikelola sekaligus memperkerjakan kaum perempuan.

"Apalagi bertepatan dengan peringatan Hari Kartini ini, kami serahkan bantuan buatan mereka, ke Posko Tanggap Covid-19 BUMN Jawa Timur," tambah Rustam.

Untuk kelayakan APD hasil produksi UMKM binaannya, Rustam menyampaikan bahwa pembuatan setelan hazmat, telah dikonsultasikan bahan dan desainnya ke Fungsi Medical Pertamina.

Dan pembuatan masker kain, dibuat 2 (dua) lapis sesuai rekomendasi dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, diharapkan dapat memenuhi standar yang diterapkan oleh protokol kesehatan.

Penyerahan bantuan hasil karya UMKM, dilakukan Pertamina pada Selasa (21/4/2020) kemarin, di Posko BUMN Tanggap Covid 19 Jawa Timur yang dikoordinir PT PAL Indonesia.

Ada 100 setelan Hazmat dan 1.000 masker kain non medis produk binaan UMKM yang diterima Humas PT PAL, Utario Esna Putra, yang ditunjuk sebagai BUMN Koordinator Bidang Logistik di Jawa Timur.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved