Breaking News:

Virus Corona di Tuban

Pengasuh Ponpes Langitan Tuban Imbau Salat Tarawih di Rumah Demi Cegah Mafsadah Lebih Besar

Pengasuh Ponpes Langitan mengimbau masyarakat muslim melaksanakan ibadah salat tarawih di rumah masing-masing selama pandemi Covid-19

Penulis: M. Sudarsono | Editor: Eben Haezer Panca
ist
Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Langitan, Tuban, KH Ubaidilah Faqih pada video yang diunggah akun Facebook Polres Tuban Terkini.  

Laporan Wartawan Surya, Mochamad Sudarsono

SURYA.co.id | TUBAN - Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Langitan, Tuban, KH Ubaidilah Faqih mengimbau agar masyarakat muslim melaksanakan ibadah salat tarawih di rumah masing-masing selama pandemi Covid-19 masih ada.

"Saya mengimbau warga muslim agar di bulan puasa ini salat tarawih bersama di rumah," ujar pengasuh Ponpes Langitan dikutip dari unggahan video akun Facebook Polres Tuban Terkini, Rabu (22/4/2020).

Pengasuh Ponpes di wilayah yang berbatasan dengan Kabupaten Lamongan itu menjelaskan alasannya atas imbauan menjalankan tarawih di rumah, hal itu semata-mata untuk menghindari mafsadah (kerusakan) yang lebih besar.

Ditambahkannya, menolak, menangkal kemafsadahan yang lebih besar harus didahulukan dari pada menarik melakukan suatu amal kebaikan.

Oleh karena itu, diharapkan semua keluarga muslim untuk salat tarawih bersama keluarganya di rumah masing-masing.

"Saya berharap agar masyarakat salat tarawih bersama keluarga di rumah di tengah pandemi virus yang membahayakan ini," pungkasnya.

Sekadar diketahui, Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah telah menentukan jadwal awal puasa 1 Ramadhan 2020/1441 H jatuh pada hari Jumat 24 April dan 1 Syawal jatuh pada hari Ahad (Minggu) Kliwon 24 Mei 2020.

Kemungkinan juga bersamaan dengan versi Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), karena kalender NU juga mencantumkan bahwa 1 Ramadhan 2020/1441 H adalah tanggal 24 April 2020.

Hanya saja PBNU akan menunggu rukyat pada Kamis 23 April 2020 untuk menentukan tanggal pasti awal puasa 1 Ramadhan 2020/1441 H.

Sedangkan pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang Isbat (penentuan) 1 Ramadhan 1441 H pada Kamis (23/4/2020).

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved