Breaking News:

KKB Papua Susah Dibedakan dengan Warga Sipil, Berikut 4 Fakta TNI-Polri Tembak 2 Orang Dikira KKB

KKB Papua Susah Dibedakan dengan Warga Sipil, Berikut 4 Fakta TNI-Polri Tembak 2 Orang Dikira Anggota Kelompok Separatis.

Facebook TPNPB
Ilustrasi anggota KKB Papua 

SURYA.co.id, PAPUA - TNI-Polri terkadang sulit membedakan mana warga sipil dan mana anggota kelompok kriminal bersenjata atau KKB Papua.

Kalau TNI-Polri tidak berhati-hati maka bisa terjadi insiden salah sasaran.

Salah satunya baru-baru ini menimpa dua warga Distrik Kwamki Narama, Mimika, Papua bernama Eden Armando Debari dan Ronny Wandik.

Mereka anak muda yang tengah berburu ikan di sungai di sekitar Mile 34, Distrik Kwamki Narama. Kawasan ini masuk dalam area raksasa tambang emas dan tembaga PT Freeport Indonesia.

Karena dikira anggota KKB Papua, keduanya tewas tertembak dalam operasi Satgas TNI di area PT Freeport Indonesia.

Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw bersama jajaran terkait melihat barang bukti yang diamankan dalam penegakan hukum terhadap kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua, di Mako Brimob Papua, Kamis (16/4/2020). Pasukan TNI Polri juga berhasil menangkap mata-mata KKB Papua di Freeport.
Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw bersama jajaran terkait melihat barang bukti yang diamankan dalam penegakan hukum terhadap kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua, di Mako Brimob Papua, Kamis (16/4/2020). Pasukan TNI Polri juga berhasil menangkap mata-mata KKB Papua di Freeport. (ANTARA/HO/Dok Satgas Humas Ops Nemangkawi)

KKB Papua Tetap Tumbang Meski Menyerang Pakai Senjata TNI-Polri, ini 3 Jenis Senjata Hasil Rampasan

Sukses Sapu Bersih KKB Papua Sepanjang Maret-April 2020, TNI-Polri Berhasil Petakan Markas Mereka

Menanggapi hal ini, Kapolda Papua Paulus Waterpauw telah menyatakan permohonan maaf, dan membentuk tim investigasi untuk mengusut kasus ini secara hukum.

Menurut Kapolda Papua, pihak aparat keamanan gabungan TNI-Polri cukup sulit untuk membedakan antara KKB Papua dan warga sipil yang berlalu lalang di kawasan tersebut.

"Sementara situasinya begitu terbuka, sehingga terkadang kami sulit juga untuk bisa membedakan mana kelompok-kelompok yang berseberangan dengan kita, kelompok yang senantiasa mengganggu masyarakat biasa," ujar Paulus, Rabu (14/4/2020), dilansir dari Antara.

Berikut rangkuman faktanya dilansir dari Kompas TV dalam artikel 'Dikira KKB, 2 Warga Tewas Tertembak di Area Freeport Indonesia'

1. Dikira anggota KKB Papua

Halaman
1234
Penulis: Putra Dewangga Candra Seta
Editor: Iksan Fauzi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved