Virus Corona di Probolinggo

Celengan Umrah Nenek Penjual Nasi Pecel di Probolinggo, Disumbangkan untuk Penanganan Corona

tabungan saya untuk bekal berangkat Umrah. Ini saya kumpulkan selama tiga tahun. Sepertinya dalam waktu dekat tidak mungkin ada Umrah.

Kompas.com
Nenek Sunarsih penjual nasi pecel saat menyumbangkan celengan Umrahnya kepada Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin di Pemkot Probolinggo. 

SURYA.CO.ID I PROBOLINGGO -

Seorang nenek yang menjual nasi pecel, Sunarsih (55) di Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo terketuk hatinya untuk menyumbangkan sebagian hartanya. Celengan untuk persiapan berangkat umrah disumbangkan ke Kantor Wali Kota Probolinggo untuk penanganan Virus Corona, Senin (20/4/2020).

Ketika menyerahkan celengan plastik warna merah, dari rumahnya Sunarsih naik motor sendirian. Begitu turun dari motor, wanita berjilbab hitam itu menenteng celengan Umrah yang dikumpulkan selama tiga tahun menuju Pemkot Probolinggo.

Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin yang mengetahui ada warganya ikut menyumbangkan sebagian hartanya langsung menemui Sunarsih. Tak main-main, Sunarsih ditemui orang nomor satu di Probolinggo di ruang tamu VVIP Pemkot Probolinggo.

“Ini tabungan saya untuk bekal berangkat Umrah. Ini saya kumpulkan selama tiga tahun. Sepertinya dalam waktu dekat tidak mungkin ada Umrah. Isinya uang koin Rp 1.000,” jelas Sunarsih.

Nenek Sunarsih rela menyerahkan celengannya setelah melihat seorang berita bocah menyumbangkan tabungan pada pemerintah untuk digunakan menangani wabah Covid-19.

Untuk menyerahkan celengannya, Sunarsih awalnya bingung mau disalurkan ke mana karena khawatir tertipu. Dari saran warga, dia berinisiatif menyerahkan langsung ke Pemkot Probolinggo dan diterima langsung oleh wali kota.

Omzet menjual nasi pecel, Sunarsih mengakui ikut turun. Pada hari biasa sebelum pandemi Covid-19 bisa menghabiskan 5 kg beras. Namun sejak wabah Corona kian meluas, dagangannya tak sampai menghabiskan 3 kg beras.

Sunarsih tak khawatir soal uang untuk berangkat Umrah. Dia berpatokan, urusan rezeki sudah ada yang mengatur yakni Allah SWT. Dalam hal ini, Sunarsih berharap bantuannya bisa bermanfaat.

“Apa kata nanti, uang bisa dicari lagi,” sambung Sunarsih.

Wali Kota Hadi Zainal Abidin yang menerima Sunarsih di ruang tamu VVIP Pemkot Probolinggo, menerima celengan dari wanita tersebut.

“Yang dilihat bukan jumlahnya. Tapi ketulusan dan kepeduliannya membantu sesama di tengah pandemi Corona. Ibu Sunarsih ini merelakan celengannya untuk bekal ibadah Umrah untuk kegiatan penanganan Covid-19 di Kota Probolinggo. Kami bangga dan mengapresiasi beliau” ujar Hadi.

Bocah 9 Tahun juga Sumbangkan Tabungannya

Dari Bandung dilaporkan, pagi itu, bocah usia 9 tahun, Moch Hafidh merengek pada ibunya, Rikoh Rotikoh agar diantar ke Polsek Dayeuhkolot, Polresta Bandung.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved