Berita Madiun

Peternak Ayam Mandiri Apresiasi Rencana Kementan dan Berharap Ayam Dibeli di Atas HPP

Kementerian Pertanian berencana membeli ayam potong dari para petani mandiri sebanyak 12 juta ekor di seluruh pulau jawa. Ini respon peternak.

surabaya.tribunnews.com/rahadian bagus
Pengawas Bibit Ternak Ditjen PKH Kementan, Beni Hermawan, dan Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan Dinas Peternakan Provinsi Jatim, Kusdiyarto datang ke Kabupaten Madiun, menemui peternak ayam mandiri. 

SURYA.co.id|MADIUN - Rencana Kementerian Pertanian untuk membeli ayam potong milik para petani mandiri sebanyak 12 juta ekor di seluruh Pulau Jawa, disambut baik oleh peternak mandiri di Kabupaten Madiun.

Rencananya, ayam milik para peternak mandiri akan dibeli oleh PT Berdikari, perusahaan milik BUMN, dengan difasilitasi Kementan.

Peternak mandiri di Kabupaten Madiun, Yusak Dwi Prasetyo, saat ditemui, Sabtu (18/4/2020) malam di rumahnya mengatakan bahwa malam itu perwakilan dari Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementan dan Dinas Peternakan Provinsi Jatim menemuinya dan menyampaikan langsung rencana tersebut.

"Terkait rencana pemerintah akan membeli ayam dari pada peternak mandiri ini kan, tadi katanya masih akan diatur tentang regulasinya, tidak bisa dijalankan secara instan, hari ini, besok atau lusa. Tapi kami apresiasi apa yang dilakukan pemerintah, bahwa itu mungkin bisa menjadi solusi atas masalah ini," kata Yusak usai pertemuan.

Sebelumnya, pada Kamis (16/4/2020), ia bersama sejumlah peternak ayam mandiri di Kabupaten Madiun, membagikan ribuan ayam potong kepada warga secara cuma-cuma, di sejumlah pasar. Mereka membagikan ayam potong secara gratis lantaran harga di kandang turun drastis hingga mencapai Rp 6.000 per kilo.

Setelah aksi bagi-bagi tersebut, kata Yusak, memang mulai ada perubahan harga. Dari yang awalnya Rp 6.000 hingga Rp 7.000 ribu per kilogram, naik menjadi Rp 10.000 per kilo. Bahkan, terakhir pada hari ini mencapai Rp 13.000.

"Sekarang berjalan sekitar Rp 12.000 hingga Rp 13.000, semoga terus membaik karena ini kan menjelang momen puasa," jelasnya.

Meski demikian, ia berharap pemerintah membeli ayam potong dari peternak mandiri dengan harga di atas HPP yang ditentukan pemerintah. Sebab, beberapa tahun yang lalu, setiap menjelang bulan puasa harga ayam di kandang mencapai Rp 18.000 hingga Rp 19.000.

"Di HPP itu, kita tidak untung walaupun juga tidak rugi. Tapi itu lebih baik dari harga yang sekarang atau yang kemarin. Kalau harapannya, karena ini momen menjelang puasa harapannya harga bisa mencapai Rp 19.000 hingga Rp 20.000," pungkasnya.

Pasca aksi bagi-bagi ayam yang dilakukan peternak ayam di Kabupaten Madiun, Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementerian Pertanian (Kementan) berencana membeli ayam milik para peternak mandiri Pulau Jawa.

Halaman
12
Penulis: Rahadian Bagus
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved