Berita Surabaya

Pemungutan Suara Direncanakan 9 Desember 2020, KPU Jatim Pilih Tunggu Perppu

KPU Jatim belum memulai kembali tahapan Pilkada 2020, sekali pun pemungutan suara direncanakan akan berjalan 9 Desember 2020

SURYA.CO.ID/Bobby Constantine Koloway
Ketua KPU Jawa Timur, Choirul Anam. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) belum memulai kembali tahapan Pilkada 2020, sekali pun pemungutan suara direncanakan akan berjalan 9 Desember 2020.

KPU Jatim masih menunda sejumlah tahapan dan menunggu instruksi dari KPU RI untuk kembali memulai tahapan.

Ketua KPU Jawa Timur, Choirul Anam menerangkan, bahwa tahapan pilkada bisa dilanjutkan apabila ada instruksi dari KPU RI.

Menurutnya, sejauh ini KPU masih menunggu Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) yang menindaklanjuti rekomendasi kesepakatan pengubahan jadwal pemungutan suara antara DPR RI, Kementerian Dalam Negeri, KPU, Bawaslu dan DKPP RI.

"Rencana pelaksanaan untuk tanggal 9 Desember itu merupakan hasil pertemuan, belum menjadi regulasi," kata Anam ketika dikonfirmasi di Surabaya, Sabtu (18/4/2020).

Pasca pertemuan tersebut, Perppu seharusnya bisa segera diterbitkan.

"Tanpa adanya Perppu, hasil rapat tersebut masih belum bisa dipakai pedoman bagi penyelenggaraan," lanjut Anam.

Pihaknya tak memungkiri, bahwa persiapan jelang pelaksanaan pilkada masih membutuhkan waktu panjang. Sehingga, apabila pemungutan suara dilaksakan awal Desember maka tahapan pilkada sebaiknya dimulai pertengahan tahun (awal Juni).

Selain itu, pelaksanaan pemungutan suara pada 9 Desember juga dengan syarat bahwa wabah pandemi Covid-19 telah selesai sebelumnya.

"Syaratnya, masa darurat Covid pada akhir Mei harus sudah dicabut," kata Anam.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved