Kesehatan

Ingin Membentuk Postur Tubuh Ideal Selama di Rumah? Lakukan Empat Latihan Ini

Indonesia Fitness Ambassador 2014 merekomendasikan empat latihan ringan membentuk postur tubuh yang bisa dilakukan di rumah. Apa saja?

surabaya.tribunnews.com/christine ayu nurchayanti
Contoh gerakan Child Pose yang dapat dilakukan sendiri di rumah untuk membentuk postur tubuh ideal. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Tubuh yang sehat merupakan investasi masa depan. Menjaga tubuh selama masa muda akan bermanfaat di masa mendatang.

Termasuk menjaga postur tubuh ideal. Gaya hidup yang sering duduk, berdiri, sampai berjalan yang membungkuk akan merusak postur tubuh. Hal ini akan berbahaya jika kita tidak memperhatikannya.

"Postur tubuh yang bungkuk efeknya ketika tua nanti, misalnya badan akan sering pegal-pegal. Tubuh yang bungkuk membuat badan menyangga lebih berat. Kalau tegak kan bebannya lebih ringan," ungkap Vivian Junita, influencer healthy life, Kamis (16/4/2020).

Oleh karena itu, menurutnya, penting membentuk postur tubuh menjadi ideal. Hal ini dapat dilakukan dengan beberapa latihan.

Indonesia Fitness Ambassador 2014 merekomendasikan empat latihan ringan membentuk postur tubuh yang bisa dilakukan di rumah. Apa saja? Simak penjelasan berikut ini.

1. Plank

Olahraga plank ialah latihan menahan tubuh dalam posisi tengkurap. Latihan ini dilakukan dengan cara menopang tubuh dengan siku, lengan, dan kaki.

"Yang harus diperhatikan, bagian punggung harus lurus sempurna, jangan menekuk. Tahan selama beberapa detik sesuai kemampuan, kalau awal-awal bisa sekitar 30 detik," Certified in Functional Training Academy by APKI (Asosiasi Pelatih Kebugaran Indonesia) ini mengatakan.

Latihan ini bermanfaat untuk mengencangkan otot perut, lengan, dan punggung. Lanjutnya, ada dua jenis plank yang bisa dipilih untuk pemula yakni full plank dan elbow plank.

"Full plank dilakukan dengan memposisikan telapak tangan tepat di bawah bahu. Kemudian angkat lutut dan tarik perut. Punggung tidak boleh melengkung dan posisi perut jangan turun," terangnya.

Halaman
123
Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved