Single Focus

SMK Negeri 1 Surabaya Terapkan Beberapa Cara Efektif untuk Sistem Pembelajaran Online

Guna mencegah penyebaran virus covid-19 pemerintah mengimbau untuk menerapkan sistem pembelajaran online untuk seluruh sekolah dan perguruan tinggi.

surya.co.id/zainel arif
Saat proses belajar mengajar SMK Negeri 1 Surabaya berlangsung di rumah masing-masing siswa. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Guna mencegah penyebaran virus covid-19 pemerintah mengimbau untuk menerapkan sistem pembelajaran online untuk seluruh sekolah dan perguruan tinggi.

Seperti yang diterapkan oleh SMK Negeri1 Surabaya yang melakukan beberapa upaya agar menemukan cara efektif dan tepat sasaran saat melakukan sistem pembelajaran tersebut.

Wakil Kepala Sekolah yang mengurusi Kurikulum, Drs. Abd. Salam, MM menyebut dalam penyusunan materi disesuaikan dengan kompetensi dasar yang ada.

"Kami terlebih dahulu menyusun jadwal pembelajaran daring, kami sesuaikan dengan mata pelajaran yang ada, dalam waktu satu pekan bertemu dengan satu mata pelajaran sehingga satu hari ada 2-3 mata pelajaran," kata Salam kepada SURYA.co.id, Minggu (12/4/2020).

Salam menerangkan, guru dan murid melakukan melakukan aktivitas Work For Home sebagai tindakan preventif dalam mencegah penyebaran virus corona atau covid-19.

"Baik guru maupun murid melakukan kewajiban dari rumah masing-masing, guru berkewajiban memberi materi, tugas, kuis, dan ulangan sedangkan murid berkewajiban belajar karena kami tidak memperkenankan kerumunan," ujar Salam.

Dalam menjalankan proses sistem pembelajaran tersebut terdapat beberapa kekurangan dalam hal fasilitas.

"Siswa tidak punya android atau laptop adapula yang punya fasilitas tersebut tapi tidak ada paket internet," terang Salam.

Dalam hal penilaian kenaikan kelas, Salam mengungkapkan, kriteria yang dinilai didasarkan dari ulangan harian, tugas (keterampilan), dan nilai kuis dari pembelajaran online untuk kemudian menjadi nilai rapot.

Sedangkan untuk kelulusan, siswa harus sudah mengikuti semua mata pelajaran yang diajarkan (nilai rapor), telah mengikuti ujian sekolah (USPBK), dan berkelakuan baik.

Halaman
12
Penulis: Zainal Arif
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved