Breaking News:

Tips di Tengah Pandemi Corona

Mobil Nganggur di Garasi Musim Corona, Apa Perlu Pakai Rem Tangan? Ini Kata Ahlinya

Didi menambahkan, mobil setelah terparkir cukup lama menggunakan rem tangan biasanya memang mengeluarkan suara yang aneh.

kompas.com/otomania
ilustrasi 

Mobil Nganggur Lama Musim Corona, Apa Perlu Pakai Rem Tangan? Ini Kata Ahlinya

SURYA.co.id I JAKARTA - Pembatasan sosial berskala besar ( PSBB) diberlakukan oleh pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona atau covid-19, salah satunya adalah tetap berada di rumah.
Kondisi ini membuat kendaraan lebih banyak diparkir di garasi.

Ketika mobil diparkir dalam waktu yang cukup lama, ada beberapa fitur yang bisa digunakan untuk menahan mobil agar tidak bergerak, salah satunya adalah hand brake atau rem tangan.

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi menyarankan agar pemilik tetap menggunakan rem tangan saat memarkir kendaraan di permukaan jalan yang rata demi keamanan.

“Penggunaan rem tangan sebenarnya lebih ke faktor safety (keamanan), jadi sebaiknya tetap digunakan. Walaupun kendaraan diparkir dalam waktu yang lama, tidak akan merusak komponen mobil,” ujar Didi.

Didi menambahkan, mobil yang kembali digunakan setelah terparkir cukup lama menggunakan rem tangan biasanya memang mengeluarkan suara yang aneh.

Namun, itu normal dan akan hilang dengan sendirinya. “Biasanya terjadi setelah mobil dicuci, bunyinya memang agak keras. Penyebabnya, mobil yang tidak dipakai lama akan membuat rem menjadi lengket karena karat di drum brake atau disc brake. Tidak apa-apa paksa saja masuk gigi,” kata Didi.

Didi menegaskan, penggunaan rem tangan saat parkir memang sudah menjadi aturan keselamatan bagi para pengguna mobil. Bukan hanya untuk mobil matik, melainkan untuk mobil yang bertransmisi manual juga.

Editor: Suyanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved