Berita Bangkalan

Cegah Konvoi Kelulusan Siswa SMA di Bangkalan Terulang, Libatkan Orang Tua dan Polisi

Melarang peserta didik merayakan kelulusan dengan mencoret-coret baju, berkonvoi, atau hal negatif lainnya.

surya.co.id/ahmad faisol
Kapolres Bangkalan AKBP Rama Samtama Putra memberikan imbauan kepada puluhan remaja berseragam pelajar SMA usai terjaring razia karena menggelar konvoi kelulusan, Senin (13/4/2020). 

SURYA.CO.ID, BANGKALAN - Di tengah pandemi Virus Corona (Covid-19), Polres Bangkalan mengamankan sebanyak 21 siswa SMA di Jalan Desa Kramat Kecamatan Kota, Senin (13/4/2020).

Menyikapi hal itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jatim Wahid Wahyudi merespon dengan langkah-langkah prevetif melalui Surat Edaran (SE) perihal Imbaun Perayaan Kelulusan.

SE bermomor 420/2334/101.1/2020 tertanggal 13 Maret 2020 itu ditujukan kepada Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Se-Jatim.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jatim Wilayah Kabupaten Bangkalan Sunarto mengungkapkan, SE tersebut sehubungan dengan akan berakhirnya kegiatan pembelajaran bagi peserta didik kelas XII SMA/SMK di Jawa Timur Tahun Pelajaran 2019/2020.

"Sekaligus untuk menjaga ketertiban, keamanan, dan keselamatan dalam masa darurat penyebaran Covid di Jatim," ungkap Sunarto kepada SURYA.co.id, Selasa (14/4/2020).

Dalam SE tersebut, lanjut Sunarto, semua Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah se Jatim untuk segera mengambil langkah-langkah.

"Pertama, menginstrusikan kepala satuan Pendidikan untuk menunda atau meniadakan kegiatan perpisahan bagi peserta didik baik di lingkungan sekolah ataupun di tempat lain yang berpotensi mendatangkan orang banyak," jelasnya.

Langkah kedua, menugaskan Kepala Satuan Pendidikan untuk melarang peserta didik merayakan kelulusan dengan mencoret-coret baju, berkonvoi, atau hal negatif lainnya.

"Orang tua atau wali siswa turut mengawasi dan memastikan putra-putrinya tetap berada di rumah masing-masing," terangnya.

Selanjutnya, Dinas Pendidikan Propinsi Jatim berkoordinasi dengan pihak kepolisian.

"Untuk memantau dan mencegah adanya perayaan kelulusan oleh peserta didik," pungkasnya Sunarto.

Penulis: Ahmad Faisol
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved