Citizen Reporter

Tetap Sehat dengan Senam Bersama di SDN Magersari 2 Kota Mojokerto

Pembelajaran tatap muka di sekolah dihentikan untuk sementara waktu. Para guru tetap beraktivitas. Senam bersama salah satunya.

Tetap Sehat dengan Senam Bersama di SDN Magersari 2 Kota Mojokerto
citizen reporter/Uzlifatul Rusydiana
Senam bersama membuat para guru saling memberi semangat untuk hidup sehat.

Pembelajaran kelas daring terhitung mulai 16 Maret 2020. Siswa belajar di rumah, sedangkan guru tetap masuk. Memberikan materi dan tugas secara online di sekolah. Waktu yang tersisa juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan positif lainnya. Salah satunya adalah senam bersama.

Senam diikuti oleh 30 guru dan karyawan SDN Magersari 1 dan SDN Magersari 2 Kota Mojokerto, Jumat (20/3/2020). Guru dan karyawan dua sekolah itu senam bersama di halaman sekolah lantaran dua sekolah ini berada di satu kompeks, tepatnya di Jalan Gajah Mada 31 Kota Mojokerto. Senam dipinpin oleh Samiarti, guru PJOK dari SDN Magersari 2 Kota Mojokerto.

Dimulai pukul 07.00, peserta senam tampak antusias mengikuti setiap gerakan yang dicontohkan instruktur, mulai gerakan pemanasan, gerakan inti, hingga pendinginan. Merasa belum puas, peserta meminta tambahan waktu untuk senam dengan lagu dan gerakan lainnya. Sungguh olahraga dan kesehatan itu sangat penting, ya.

Meluasnya penyebaran virus corona memang harus diwaspadai oleh siapa saja. Namun demikian, tak perlu terlalu panik. Kuncinya, setiap orang harus disiplin melakukan upaya pencegahan agar tidak tertular atau menulari sesama.

“Senam bersama yang kami gagas ini sebagai upaya mencegah terjangkitnya corona dalam tubuh kita. Rajin berolahraga menjadikan daya tahan tubuh meningkat. Dengan demikian, dapat menurunkan risiko terinfeksi virus,” terang Reny Novita Sari, Kepala SDN Magersari 2 Kota Mojokerto.

Durasi berolahraga pun tidak perlu terlalu lama, cukup 30 menit hingga satu jam setiap hari. Olahraga secara rutin terbukti dapat meningkatkan daya tahan tubuh, juga menjadi salah satu upaya penting.

“Senam adalah salah satu olahraga yang sangat mudah, bermanfaat, dan siapa pun bisa melakukannya. Selain untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuh, senam juga bermanfaat meminimalisasi berbagai macam penyakit,” tutur Samiarti.

Olahraga secara rutin bisa menjadi solusi tepat menghadapi situasi saat ini. Stamina tubuh yang tetap tejaga dan daya imunitas tubuh yang tinggi akan bermanfaat.

Selain olahrga rutin, imbauan untuk melakukan social distancing juga perlu diperhatikan. Oleh karena itu, olahraga juga bisa dilakukan di rumah, misalnya mengikuti gerakan senam di YouTube, sit up, dan lompat tali.

“Saya sangat bersemangat mengikuti senam bersama hari ini karena dengan tubuh sehat, saya berharap terbebas dari virus yang merebak saat ini,” pungkas Eka Yuniawanti, salah satu guru SDN Magersari 2 Kota Mojokerto.

Uzlifatul Rusydiana
Guru SDN Magersari 2 Kota Mojokerto
uzlifahirdana@gmail.com

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved