Breaking News:

Sekolah di Jember Gabungkan Pembelajaran Jarak Jauh TVRI dengan Modul Sekolah

Tidak semua sekolah di Jember menerapkan kegiatan belajar mengajar (KBM) daring melalui TVRI, Senin (13/4/2020).

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Eben Haezer Panca
surabaya.tribunnews.com/sri wahyunik
Ilustrasi pembelajaran jarak jauh 

SURYA.co.id | JEMBER - Tidak semua sekolah di Jember menerapkan kegiatan belajar mengajar (KBM) daring melalui TVRI, Senin (13/4/2020).

Seperti yang diberitakan, mulai Senin (13/4/2020), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI bekerjasama dengan TVRI dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh.

Para pelajar bisa berpartisipasi melalui tautan yang disebar oleh Kemendikbud. Kemendikbud juga telah mengatur jam pembelajaran mulai dari PAUD/TK sampai dengan SMA/SMK.

Namun rupanya tidak semua sekolah di Jember menerapkan pembelajaran melalui TVRI. Seorang wali murid di Kecamatan Kaliwates, Sari menuturkan, anaknya masih mengikuti pembelajaran yang diatur oleh guru di TK sang anak.

"Tidak disuruh menonton TVRI. Hari ini masih mengerjakan apa yang disediakan oleh sekolah. Belum tahu kalau besok," ujar Sari.

Karenanya, dia mendampingi sang anak bersekolah di rumah yakni mengerjakan tugas dari guru sekolah.

Sedangkan MI di Kecamatan Ambulu mulai menerapkan pembelajaran bersama melalui siaran di TVRI. Berdasarkan jadwal, pembelajaran bersama untuk murid SD dan MI adalah pukul 10.00 - 10.30 Wib.

Pembelajaran bersama melalui saluran TVRI itu disampaikan oleh para guru ke wali murid. Pihak sekolah menggabungkan pembelajaran jarak jauh memakai modul yang telah disiapkan oleh guru mulai pukul 07.00 Wib, hingga pembelajaran bersama melalui siaran TVRI pukul 10.00 Wib.

Kepala Dinas Pendidikan Jember, Edy Budi Susilo mengakui, menyilakan sekolah dalam melakukan teknis pembelajaran jarak jauh. Sekolah bisa mengatur pembelajaran sendiri, berdasarkan kesepakatan di masing-masing pihak sekolah, atau pembelajaran jarak jauh melalui TVRI.

'Pada prinsipnya melakukan pembelajaran jarak jauh. Teknisnya mengikuti petunjuk sekolah," ujar Edy kepada Surya, Senin (13/4/2020).

Pihak sekolah juga bisa menggabungkan pembelajaran jarak jauh melalui TVRI itu sebagai alternatif kegiatan belajar mengajar.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved