Berita Surabaya

Samsat Layanan Online Dibuka, Bapenda Catat dalam 5 Hari 9 Ribu Pengendara Urus lewat Cara Ini  

Sebelum virus corona merebak, layanan samsat online se-Jatim hanya bisa melayani pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang jatuh temponya H-5.

surya.co.id/fatimatuz zahro
Kepala Bapenda Jatim Boedi Prijo Soeprajitno (tengah) dalam sebuah acara. 

SURYA.CO.ID| SURABAYA - Sebelum virus corona merebak, layanan samsat online se-Jatim hanya bisa melayani  pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang jatuh temponya sebelum H-5 bulan.

Namun kini, pihaknya memperbanyak kuota tersebut. Siapapun dapat mengurus lewat cara online meski sudah bertahun-tahun terlambat.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jatim Boedi Prijo Soeprajitno mengatakan, imbas virus corona merebak 164 layanan unggulan yang terdiri dari mobil keliling, payment point, samsat corner sudah ditutup sejak 23 Maret lalu.

"Akan tetapi, 46 gerai dan 20 layanan drive thru yang menyatu pada samsat induk kini masih beroperasi," kata dia saat dihubungi, 

Ia menjelasakan terkait alasan 46 samsat tersebut masih dibuka. Ia mengatakan hal itu diterapkan sebab, beberapa pembayaran online seringkali masih menemui beberapa kendala.

 "Kadang yang terjadi karena lemotnya sinyal, sehingga mengirim (data) bisa down.

Yang kedua terjadi, kadang tetap layanan Indomaret salah masukkan nomer telfon, jadi entrinya salah. Tapi semuanya bisa selesai dengan ke samsat," jelas dia.

 Kendati demikian, di 46 samsat tersebut tetap memberlakukan protokol kesehatan yang sangat ketat.

 "Semua samsat sudah menyediakan wastafel, bilik disenfektan, tempat duduk kita kasih jarak aman jadi protap tetap dilakukan," pungkas dia.

Penulis: Tony Hermawan
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved