Virus Corona di Tuban

Malaysia Lockdown, Para TKI Pulang ke Tuban dan Sudah Lalui Tahapan Protokol Penanganan Covid-19

Para TKI telah diperiksa sejak tiba di Bandara Juanda hingga diantarkan Pemprov Jatim sampai di halaman kantor Pemkab Tuban

SURYA.CO.ID/M Sudarsono
Tujuh TKI Malaysia asal Kabupaten Tuban di kantor Pemkab, Rabu (8/4/2020), dini hari. 

SURYA.CO.ID, TUBAN - Tujuh Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Malaysia asal Tuban pulang ke kampung halaman.

Kepulangan TKI tersebut dampak penerapan lockdown di Malaysia akibat belum berakhirnya wabah virus Corona atau Covid-19.

Para pekerja migran di negeri jiran itu tiba di kantor Pemkab Tuban, Rabu (8/4/2020) dini hari. Mereka pulang secara rombongan bersama TKI lainnya dari Jawa Timur, total sekitar 154 orang.

Kepala Kantor Kesbangpol Tuban, Didik Purwanto mengatakan para TKI yang pulang itu telah melalui tahapan protokol kesehatan sebagaimana penanganan Covid-19.

Mereka telah diperiksa sejak tiba di Bandara Juanda hingga diantarkan Pemprov Jatim sampai di halaman kantor Pemkab Tuban.

"Mereka dipastikan dalam kondisi sehat, setelah dilakukan rangkaian pemeriksaan penanganan Covid-19," ujarnya mewakili Pemkab didampingi Komandan Kodim 0811 Tuban, Letkol Inf Viliala Romadhon.

Didik menjelaskan, ketujuh TKI tersebut berasal dari 5 kecamatan, di antaranya Kecamatan Palang 3 orang, Kecamatan Semanding 1 orang, Kecamatan Plumpang 1 orang, Kecamatan Jenu 1 orang dan Kecamatan Bancar 1 orang.

Para TKI itu sudah dicek suhu tubuhnya dengan thermo gun, epidemiologi, saturasi oksigen dan rapid test, hasilnya negatif Covid-19. Bahkan, mereka juga telah mendapatkan keterangan sehat atau HAC (Health AlertCard).

"Semuanya dalam kondisi baik dan sudah dipulangkan ke rumah masing-masing dengan dijemput forkopimka dan juga pihak keluarga," pungkasnya.

Adapun yang turut menerima kedatangan para TKI tersebut yaitu Kesbangpol, Satpol PP, Dinas Tenaga Kerja, Dinkes, TNI dan Polri.

Penulis: M. Sudarsono
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved