Berita Malang Raya

Tol Mapan Exit Madyopuro Kota Malang Batal Diuji Coba, Ini Sebabnya

Palang pembatas di pintu tol Malang yang berada di Kelurahan Madyopuro, Kota Malang masih terpasang.

surya.co.id/rifky edgar
Uji Coba Tol Pandaan Malang (Mapan) yang rencananya akan dibuka pada Selasa (7/4/2020) batal dilaksanakan. 

SURYA.CO.ID, MALANG - Uji Coba Tol Pandaan Malang (Mapan) yang rencananya akan dibuka Selasa (7/4/2020) pagi, batal dilaksanakan.

Palang pembatas di pintu tol Malang yang berada di Kelurahan Madyopuro, Kota Malang masih terpasang.

Direktur Teknik PT Jasa Marga Tol Mapan (JPM) Siswantono menyampaikan, pembatalan uji coba ini karena ada miskomunikasi.

Sehingga, pihaknya batal membuka pintu tol Malang yang memiliki panjang 3,11 Kilometer tersebut (Pakis - Madyopuro).

"Ini ditunda, kami baru dapat informasi tadi pagi. Jadi kami menunggu instruksi dari Kementrian PUPR," ucapnya, Selasa (7/4/2020).

Padahal, PT JPM telah melakukan persiapan sebelum dilakukan uji coba pintu Tol Malang yang berada di Madyopuro tersebut.

Uji coba sendiri sebenarnya sudah bisa dilakukan, setelah SK Kementerian PUPR tentang operasional dan tarif telah turun pada Senin (6/4/2020).

Dengan itu, maka masyarakat bisa mencoba pintu Tol Malang secara gratis selama tujuh hari.

"Untuk tarif masih sama Rp 898 per KM. Jadi ya Rp 3.000 dari Madyopuro ke Pakis. Penundaan ini gak lama, tapi dalam waktu dekat ini. Kami hanya perlu koordinasi lagi," ucapnya.

Siswantono menambahkan, kemungkinan penundaan uji coba ini diakibatkan wabah Covid-19 atau virus corona yang merebak di Indonesia.

Sehingga, uji coba Tol Mapan seksi V ini (Madyapuro - Pakis) masih belum bisa dilakukan hari ini.

Sementara itu, Humas PT JPM, Agus Triyanto menyampaikan, pagi tadi pihaknya sudah membuka pintu Tol Malang di Madyopuro.

Akan tetapi, pembukaan tersebut tidak berlangsung lama dan ruas jalan menujul pintu tol Malang kembali ditutup oleh petugas.

"Iya ini kan masih uji coba, tadi dibuka sebentar terus kita evaluasi. Untuk kapan dibukanya lagi kami menunggu kabar di lapangan," tandasnya. (Rifky Edgar)

Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved