Pelanggan Tak Dapat Token Gratis Komplain Tagihan Naik, Jawaban PLN: R1M 900 VA Tetap 1.357 per kWh

Sejumlah pelanggan non subsidi atau yang tak mendapat keringanan listrik komplain tagihan mereka naik. PLN tegaskan tak ada kenaikan tarif sejak 2017.

Instagram @pln_id
Penjelasan PLN soal komplain pelanggan yang menyebutkan tagihan listrik mereka naik 

SURYA.CO.ID - Kebijakan pemerintah memberikan keringanan berupa pembebasan biaya dan diskon pada pengguna listrik 450 VA dan 900 VA menuai tanggapan baik masyarakat.

Namun, tak semua pelanggan 900 VA menerima keringanan berupa diskon 50 persen, pasalnya hal tersebut hanya berlaku pada pengguna R1T 900 VA.

Sementara, pengguna R1M 900 VA tidak mendapatkan diskon dan harus membaya tarif listrik seperti ketentuan yang telah ditetapkan.

Di tengah usaha PLN memberikan keringanan biaya ini, tak sedikit pelanggan yang meluapkan pertanyaan mereka melalui media sosial PLN, @pln_id.

Menilik kolom komentar di beberapa unggahan @pln_id, banyak pelanggan non subsidi yang mengeluhkan kenaikan yang cukup signifikan pada tagihan listrik mereka bulan ini.

Seperti halnya yang disebutkan oleh pemilik akun @rizkaferda yang mengalami kenaikan nyaris Rp 400 ribu di tagihan bulan ini.

"Kalau memang gak naik kenapa tagihan saya yg biasanya bayar 560.000 beserta admin..ini jadi 900.000,,diambil rata rata pemakaian 3 bulan,,saya gak segini,,,coba matematikanya belajar lagi...merasa dirugikan..sudah komplain jawabannya dibayar dulu pengaduannya setelah melakukan pembayaran,kalau pln yg salah bulan depan byarnya lebih murah,,,,maksudnya apa.......lagi susah malahan ditambahin susah," tulis @rizkaferda.

Keluhan serupa juga diluapkan pemilik akun @ayufajarwati90 yag mengalami kenaikan hampir Rp 200 ribu.

"Saya malah naik biasa 600rb sebulan lebih beberapa hari. ini sekarang hmpir 800rb sebulan. Gila aja!! hidup tarif normal," tulis @ayufajarwati90.

Masih banyak lagi pelanggan listrik yang mengeluhkan hal yang sama seperti yang dialami pemilik akun @rizkaferda dan @ayufajarwati90.

Halaman
1234
Penulis: Alif Nur Fitri Pratiwi
Editor: Iksan Fauzi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved