Virus Corona di Jatim

Telkomsel di Jatim Dapat Kenaikan Trafik Data 13 Persen Selama WFH

Masa darurat Covid 19 yang sudah berlangsung selama hampir tiga minggu di wilayah Jawa Timur (Jatim) mendorong peningkatan trafik data Telkomsel.

Kompas.com
ilustrasi - Telkomsel di Jatim Dapat Kenaikan Trafik Data 13 Persen Selama WFH 

SURYA.co.id | SURABAYA - Masa darurat Covid 19 yang sudah berlangsung selama hampir tiga minggu di wilayah Jawa Timur (Jatim) mendorong peningkatan trafik data Telkomsel.

Peningkatan trafik data tercatat mencapai rata-rata 13 persen yang didorong adanya imbauan bekerja dari rumah (work from home/WFH).

General Manager Network Operation and Quality Managemet Region Jawa Timur Telkomsel, Permata Jaya Simarmata dalam konferensi pers melalui aplikasi zoom meeting cloud, mengatakan kenaikan itu dari rata-rata setiap pengguna, yang sebelumnya 8-10 GB per bulan di hari normal menjadi 9-11 GB di masa WFH.

"Untuk kenaikan data 13 persen, pemakaian rata-rata tertinggi didominasi kawasan perumahan dosen di Surabaya, kemudian rumah sakit dan kawasan perumahan," kata Permata, Jumat (3/4/2020).

Sedangkan untuk wilayah perkotaan di Jatim, kenaikan tertinggi didominasi Kota Surabaya, kemudian Mojokerto, Malang dan Jombang.

Menurut Permata, kenaikan data tidak berbanding lurus dengan penggunaan voice atau suara yang turun 2,2 persen dan sms atau pesan singkat turun 6,02 persen.

Sementara itu, imbauan WFH juga menyebabkan adanya tambahan waktu tertinggi masyarakat dalam mengakses internet, dari biasanya hanya terjadi pukul 18.00 WIB hingga 22.00 WIB, kini juga terjadi pada siang hari, yakni dari jam 09.00-12.00 WIB.

"Untuk aplikasi, kami mencatat, terjadi kenaikan tertinggi masyarakat dalam mengakses ruang guru, dengan adanya kenaikan 195 persen ditambah beberapa aplikasi untuk belajar di rumah," ungkap Permata.

Sementara akses mobilitas warga pengguna Telkomsel, Permata mencatat, warga asal Blora, Jawa Tengah mendominasi kedatangan ke Jatim, disusul Denpasar kemudian Semarang.

"Untuk warga Jakarta atau Jawa Barat pengguna Telkomsel yang mobile atau bergerak ke Jatim sangat minim, hanya sekitar 3 persen, dengan dominasi dari Jakarta Selatan dengan kisaran 9.400 pengguna," jelasnya.

Manager Sales Region Jatim Telkomsel, Eric Noviantoro menambahkan, dalam program mendukung upaya pencegahan COVID-19, Telkomsel juga memberikan 100 kartu perdana gratis kepada petugas BNPB dengan kuota 6,5 GB.

"Kita semua tahu, tugas mereka cukup berat. Dan keberadaan kartu itu bisa ditambah dengan penyesuaian kondisi di lapangan," tambah Eric.

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved