Breaking News:

Virus Corona di Surabaya

Waspadai Reinfeksi pada Pasien Positif Corona yang Sudah Sembuh

Pasien positif corona yang sudah sembuh juga harus dites swap dua kali, seminggu setelah sehat dan dua hari setelahnya

surabaya.tribunnews.com/sulvi sofiana
(dari kanan) Dr Alfian Nur Rosyid SpP, Prof Dr Nasronudin SpPD, Prof Dr Muhammad Amin SpP dan Dr Ardian Cahya Laksana spOG 

SURYA.co.id | SURABAYA - Jumlah pasien positif terinfeksi Covid-19 terus bertambah di Indonesia. Tetapi jumlah pasien yang dinyatakan sembuh juga mulai terlihat.

Menurut Direktur RS Universitas Airlangga, Prof dr Nasronudin SpPD KPTI FINASIM, pasien Covid-19 dinyatakan sembuh setelah kondisi fisik sehat setelah perawatan atau pasien positif yang sehat dan melewati 14 hari masa isolasi.

"Mereka juga harus dites swap dua kali, seminggu setelah sehat dan dua hari setelahnya, hasilnya harus negatif, "ujarnya pada SURYA. co. id, Kamis (2/4/2020).

Hal ini juga berlaku bagi pasien positif tanpa keluhan yang menjalani isolasi di rumah selama 14 hari.

Dengan pengawasan puskesmas, kondisi kesehatan pasien positif selalu dalam pengawasan meskipun isolasi di rumah.

"Cara kerja virus pada umumnya saat sudah pernah menyerang tubuh akan membuat antibodi. Paling tidak tubuh akan lebih siap saat virus itu menyerang, "urainya.

Namun, Prof Nasron, sapaan akrabnya juga mengingatkan adanya kasus reinfeksi di Wuhan, yaitu pasien yang sudah sembuh akan kembali terinfeksi saat daya tahan tubuhnya tidak baik.

"Kalau kekebalan tubuhnya baik, tidak semua orang terinfeksi. Kalaupun terinfeksi tidak berat. Maka daya tahan tubuh harus terus dijaga dengan gaya hidup sehat. Supaya tidak rentan terinfeksi, "urainya.

Infeksi ini juga akan meningkat peluangnya pada orang yang sering terpapar, sehingga bisa saja orang akan dalam kondisi sehat saat beberapa kali bertemu atau terpapar virus.

"Tapi semakin banyak paparan, semakin besar risiko terinfeksi. Makanya tenaga kesehatan punya resiko tinggi,"pungkasnya .

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved