Virus Corona di Surabaya

Wabah Virus Corona Berkepanjangan, Pemkot Surabaya Siapkan Bantuan Khusus untuk Warga Kurang Mampu

Pemkot Surabaya tengah menyiapkan bantuan khusus bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) akibat dampak wabah virus corona berkepanjangan.

SURYA.co.id/Fatimatuz Zahro
Reni Astuti 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Pemkot Surabaya tengah menyiapkan bantuan khusus bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) akibat dampak virus Corona (Covid-19) yang berkepanjangan. Akan ada intervensi khusus bagi warga kurang mampu di Kota Surabaya.

Kabag Humas Pemkot Surabaya, Febriadhitya Prajarata menuturkan bahwa semua anggaran tengah disiapkan.

"Tim Anggaran sudah menyiapkan langkah semacam jaring pengamanan sosial bagi MBR di Surabaya," katanya, Kamis (2/4/2020).

Diakuinya, bahwa dampak penyebaran virus Corona di Surabaya kian meluas. Termasuk denyut ekonomi warga juga tertekan. Febri menyebut tim anggaran sudah menyiapkan formula hingga teknis untuk mengintervensi MBR.

Saat ini ada 234.460 KK dengan jumlah individu sebanyak 733.600 (anggota keluarga) yang masuk kategori MBR. Mereka dinilai paling rentan saat musibah corona terus berkepanjangan.
"Bentuk intervensinya berupa apa, masih kami rumuskan," kata Febri.

Wakil Ketua DPRD Surabaya, Reni Astuti saat ini tengah mendesak agar Pemkot Surabaya melakukan langkah khusus dalam menangani dampak sosial atas pandemi Corona.

"Harus ada jaring pengaman sosial daerah," kata Reni.

Ini adalah program perlindungan sosial yang diberikan kepada masyarakat tidak mampu yang terkena dampak bencana wabah Covid-19, anggarannya bersumber dari APBD. Saat ini juga sudah ada SE Mendagri 440/2622/SJ 29 Maret 2020.

Saat pemerintah daerah melakukan pembatasan sosial, akan berdampak bagi kelompok masyarakat dengan penghasilan rendah. Maka pemerintah daerah seharusnya menyiapkan program perlindungan sosial, di antaranya dengan memberikan bantuan sosial.

Bantuan itu bisa berupa bahan makanan siap saji dan bahan makanan atau sembako. Bisa juga bantuan langsung dan penyiapan operasi pasar demi keterjangkauan harga dan ketersediaan sembako.

Halaman
12
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved