Tips Aman dari Virus Corona

Tips Belanja Makanan dan Sayur Aman dari Virus Corona

Donald juga memberi beberapa tips agar kamu merasa aman saat berbelanja makanan dan setelah pulang berbelanja.

SURYA.co.id/Didik Mashudi
Sayuran dan bahan lauk pauk untuk warga terdampak isolasi lingkungan di Perumahan Permata Jingga, Kota Kediri, disiapkan di tenda pintu masuk perumahan, Rabu (1/4/2020). 

Tips Belanja Makanan dan Sayur Aman dari Virus Corona

SURYA.co.id I JAKARTA - Pernahkah kamu khawatir sayur yang kamu beli di supermarket membawa virus? Jika iya, kamu pasti berpikir untuk mencuci semua sayur tersebut dengan sabun untuk membunuh virusnya.

Melansir ScienceAlert, pertanyaan tersebut dijawab oleh seorang ahli mikrobiologi dan keamanan pangan dari Universitas Rutgers, Donald Schaffner.

Donald juga memberi beberapa tips agar kamu merasa aman saat berbelanja makanan dan setelah pulang berbelanja.

Disebutkan, hingga kini belum ada bukti jika saat ini Covid-19 ditularkan melalui makanan. Persoalannya adalah makanan di supermarket, pasar atau toko kelontong dikelilingi banyak orang. Kamu tidak tau siapa yang menyentuh makanan tersebut, apakah dia baik-baik saja atau malah membawa virus.

1. Simpan di tempat terpisah (terlindung)

Donald Schaffner menyarankan kamu tidak perlu khawatir. Kamu bisa menyimpan makanan di garasi atau tempat terpisah karena virus perlahan-lahan dinonaktifkan pdengan waktu sekitar delapan jam.

2. Cuci tangan

Tips lainnya jika kamu khawatir bagian pembungkus makanan, Donald menyarankan untuk mencuci tangan sebelum makan makanan apa pun.
"Langkah mencuci tangan sebelum makan adalah praktik terbaik bahkan ketika kita tidak dalam pandemi," papar Donald.

3. Cuci sayur dengan air segar

Kemudian, jangan mencuci produk segar dengan sabun. Sebab, sabun tidak dibuat untuk dimakan. Plus, sabun dapat menyebabkan mual, muntah, dan diare jika tertelan.

Halaman
12
Editor: Suyanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved