Berita Sidoarjo

Lapas Sidoarjo Bakal Bebaskan 127 Warga Binaan

Sebanyak 22 orang warga binaan yang selama ini mendekam di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sidoarjo bisa menghirup udara bebas

ist/carribean 360
ilustrasi 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Sebanyak 22 orang warga binaan yang selama ini mendekam di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sidoarjo bisa menghirup udara bebas, Kamis (2/4/2020).

Sehari sebelumnya, Lapas yang berada di sebelah barat alun-alun Sidoarjo itu juga telah membebaskan sebanyak 16 orang warga binaan.

Mereka dibolehkan pulang dan menjalani program asimilasi di rumahnya masing-masing. Tentu saja, para narapidana tersebut sangat senang dengan aturan baru ini.

Para narapidana yang dibebaskan tersebut sebenarnya sudah mendapatkan SK Pembebasan Bersyarat (PB) maupun Cuti bersyarat (CB), namun belum jatuh tanggal pelaksanaannya.

"Sambil menunggu tanggal pelaksanaannya, mereka diprogramkan untuk menjalani asimilasi di rumah," kata Mufakom, Kasi Binadik Lapas Sidoarjo, Kamis (2/4/2020).

Secara total, warga binaan Lapas Sidoarjo yang masuk kriteria untuk bisa mendapat asimilasi sebanyak 127 orang. Rencananya, mereka bakal dibebaskan secara bertahap sampai tanggal 7 april mendatang.

"Warga binaan yang berhak mendapat asimilasi dan hak integritas adalah narapidana yang 2/3 masa pidananya dan anak yang 1/2 masa pidananya jatuh sampai dengan tanggal 31 Desember 2020," ujarnya.

Selain itu, narapidana dan anak yang tidak terkait dengan PP 99 Tahun 2012, yang tidak menjalani subsider dan bukan warga negara asing.

Sebagaimana Permenkumham nomor 10 tahun 2020, program ini berakhir sampai dengan masa kedaruratan terhadap penanggulangan covid-19 yang ditetapkan pemerintah berakhir.

Artinya, program tersebut juga terkait upaya pemerintah dalam penanggulangan penyebaran covid-19 di Indonesia.

Penulis: M Taufik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved