Virus Corona di Gresik

Antisipasi Virus Corona, Satgas TMMD ke 107 Kodim 0817/ Gresik Ramai-ramai Berjemur

Selain menjaga pola makan dan hidup bersih, yang bisa dilakukan untuk menjaga imunitas adalah berjemur di bawah sinar matahari.

surya.co.id/willy abraham
Satgas TMMD 107 Gresik berjemur di bawah terik matahari sebagai upaya pencegahan virus corona, Kamis (2/4/2020). 

SURYA.CO.ID, GRESIK - Sebagai upaya pencegahan pandemi virus corona atau covid-19, cara yang paling mudah adalah berdiam diri di rumah.

Selain berdiam diri, memperkuat sistem imun atau kekebalan tubuh menjadi salah satu cara mencegah covid-19 ini.

Selain menjaga pola makan dan hidup bersih, yang bisa dilakukan untuk menjaga imunitas adalah berjemur di bawah sinar matahari.

Satgas TMMD Ke 107 kodim 0817/Gresik,di sela-sela kegiatan progam fisik di Desa Sirnoboyo, Kecamatan Benjeng melakukan kegiatan berjemur di siang hari.

Di waktu istirahat siang, nampak satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), masih meluangkan waktu untuk melakukan aktivitas berjemur di siang hari.

Dansatgas TMMD 107 yang juga Dandim 0817/ Gresik Letkol Inf Budi Handoko mengatakan hal ini dilakukan untuk memperkuat imun atau untuk kekebalan tubuh menjadi salah satu cara mencegah virus corona.

"Tubuh manusia memerlukan sinar matahari untuk membantu meningkatkan produksi vitamin D di dalam tubuh. Sinar matahari menjadi sumber utama vitamin D alami karena hanya sedikit sekali yang berasal dari makanan. Vitamin D ini punyak efek imunomodulator yang bisa memperbaiki sistem imun tubuh," paparnya, Kamis (2/4/2020).

Kekurangan vitamin D dapat menghambat pertumbuhan dan rentan terinfeksi virus maupun bakteri.

Waktu berjemur paling efektif yakni saat bayangan tubuh lebih pendek dari tinggi badan.

Durasi waktu berjemur yang dianjurkan sekitar 10 hingga 15 menit.

Bisa mulai dari pukul 10.00 wib sampai 15.00 wib, dan sebaiknya tidak lebih pagi karena paparan sinar matahari tidak mencukupi,kurang baik.

"Supaya kegiatan berjemur tidak terasa membosankan, berjemur tidak harus dilakukan sebagai kegiatan tunggal. Untuk mendapatkan sinar matahari bisa dengan aktivitas lain seperti melakukan kegiatan mengerakan badan di tempat atau dengan mengayunkan ke dua tangan dan bisa dengan cara lainnya yang berkontak langsung dengan sinar matahari agar kita bisa mendapatkan manfaatnya," tutupnya.

Penulis: Willy Abraham
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved