Berita Surabaya

Terdakwa Dugaan Penyerobotan Rumah Cuma Diputus Onslag Oleh Hakim, Jaksa Pun Pikir-pikir

Menyatakan tiga terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan menurut hukum bersalah dengan melawan hak orang lain sebagaimana dakwaan JPU.

Samsul Arifin
Tiga terdakwa kasus dugaan penyerobotan rumah saat menjalani sidang di PN Surabaya, Rabu (1/4/2020). 

SURYA.CO.ID I SURABAYA - Majelis hakim yang diketuai Dede Suryaman menjatuhkan vonis onslag terhadap tiga terdakwa kasus dugaan penyerobotan rumah di Wisma Kedung Asem Indah H-5, Rungkut Surabaya, Rabu (1/4/2020).

Ketiga terdakwa adalah Endang Sukanti, Yohan Seno Ajo Joyo Admojo dan Yosi Mirna Tri Handayani.

Mereka tidak menjalani sidang secara telekonfrence karena ketiganya tidak ditahan dalam kasus ini.

“Menyatakan tiga terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan menurut hukum bersalah dengan melawan hak orang lain sebagaimana dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Namun perbuatan para terdakwa tidak memenuhi unsur-unsur dalam Pasal 167 ayat 4 KUHP, karena tidak ada unsur paksaan dalam memasuki rumah.

Sehingga dengan demikian perbuatan para terdakwa bukan merupakan tindak pidana,” ujar hakim Dede Suryaman membacakan amar putusannya di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya.

Sebelumnya, JPU Suwarti menuntut ketiga terdakwa dengan hukuman tiga bulan penjara.

Menanggapi putusan tersebut JPU mengaku pikir-pikir. Sedangkan ketiga terdakwa mengaku menerima putusan tersebut. 

Kasus dugaan penyerobotan rumah ini bermula pada 2017 silam setelah korban Heri Widijanto, seorang pengusaha di Surabaya melaporkan ketiga terdakwa ke Polrestabes Surabaya atas dugaan tindak pidana memasuki pekarangan orang lain dengan melawan hak sesuai pasal 167 KUHP.

Ketiga terdakwa bersama dengan saksi Yustina Endrayani dan saksi Yosa Endriatmoko merupakan ahli waris dari rumah yang berada di Jalan Wisma Kedung Asem Indah H-5 RT 03/RW 05 Kelurahan Kedung Baruk, Kecamatan Rungkut, Surabaya  dengan sertifikat hak milik (SHM) No.1942/Kelurahan Kedung Baruk Surabaya, dengan luas tanah 144 m2. 

Halaman
123
Penulis: Samsul Arifin
Editor: Anas Miftakhudin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved