Virus Corona di Blitar

Pemkot Blitar Galang Dana dari ASN untuk Penanganan Dampak Virus Corona

Pemkot Blitar meminta donasi kepada seluruh ASN agar menyisihkan gajinya untuk penanganan dampak wabah virus Corona.

surya.co.id/samsul hadi
Plt Wali Kota Blitar, Santoso mengecek ruang isolasi untuk penanganan pasien corona di RSUD Mardi Waluyo, Kamis (5/3/2020). 

SURYA.co.id | BLITAR - Pemkot Blitar akan menggalang dana dari para aparatur sipil negara (ASN) untuk percepatan penanganan wabah virus Corona atau Covid-19.

Pemkot Blitar meminta donasi kepada seluruh ASN agar menyisihkan gajinya untuk penanganan dampak wabah virus Corona.

"Para ASN juga kami minta donasinya untuk penanganan dampak wabah virus Corona. Sekda yang akan mengatur mekanisme penggalangan donasi dari para ASN," kata Plt Wali Kota Blitar, Santoso, Rabu (1/4/2020).

Santoso mengatakan sudah mengeluarkan surat edaran (SE) terkait pengumpulan dana untuk penanganan dampak wabah virus Corona dari para ASN.

Menurutnya, dalam surat edaran itu menyebutkan pegawai mulai eselon 4, eselon 3, eselon 2, dan eselon 1, akan dipotong gajinya sesuai tingkat eselonnya untuk membantu penanganan dampak wabah virus Corona.

"Apakah yang akan dipotong gaji atau tunjangan penghasilan pegawainya kami masih belum tahu. Yang jelas, para ASN kami minta ikut membantu masyarakat yang terdampak wabah virus Corona," katanya.

Santoso sendiri secara otomatis akan menyisihkan gajinya untuk penanganan dampak wabah virus Corona.

Untuk itu, dia meminta para ASN memiliki kesadaran diri mendonasikan sebagian gajinya untuk membantu masyarakat yang terdampak wabah virus Corona.

"Yang terpenting, para ASN harus ikhlas mendonasikan uangnya untuk penanganan wabah virus Corona," ujarnya.

Dikatakannya, selain menggalang dana dari ASN, Pemkot Blitar juga akan menggalang dana bantuan dari perusahaan dan bank.
Semua dana yang terkumpul akan digunakan membantu masyarakat yang terdampak wabah virus Corona.

"Sekarang, kami minta kelurahan mendata warganya yang terdampak kebijakan pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran virus Corona. Kami akan menyalurkan bantuan sembako ke warga terdampak," katanya.

Sekretaris Dewan Pengurus Korpri Kota Blitar, Priyo Suhartono mengatakan sudah meminta para anggota Korpri dan ASN di Kota Blitar agar menyisihkan sebagian penghasilannya untuk membantu masyarakat yang terdampak wabah virus Corona.

Para anggota Korpri dan ASN bisa menyalurkan sebagian penghasilannya lewat Bendahara Gaji Unit Kerja masing-masing.

Dana yang terkumpul akan digunakan untuk membantu masyarakat yang terdampak wabah virus Corona.

"Kami mohon keikhlasan para anggota Korpri dan ASN menyisihkan penghasilannya untuk membantu masyarakat yang terdampak wabah virus Corona. Jumlah anggota Kopri dan ASN di Kota Blitar sekitar 3.200 orang," katanya.

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved