Virus Corona di Jatim

3,88 Juta Pekerja Terdampak Covid-19, Pemprov Jatim Mulai Salurkan Bantuan Kepada Masyarakat

Emil Dardak mengatakan anggaran yang sudah tersedia harus segera didistribusikan untuk menolong masyarakat yang terdampak.

surya.co.id/sugiharto
Gubernur Khofifah didampingi Wagub Emil Dardak memberi keterangan terkait perkembangan kasus covid-19 di Jatim, Selasa petang (31/3/2020). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

SURYA.co.id | SURABAYA - Pemprov Jatim berusaha menanggulangi adanya dampak sosial ekonomi akibat adanya wabah Virus Corona (Covid-19).

Ketua Gugus Sosial Ekonomi Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Timur, Emil Dardak mengatakan anggaran yang sudah tersedia harus segera didistribusikan untuk menolong masyarakat yang terdampak.

Dalam pendistribusian tersebut, Pemprov Jatim membagi masyarakat yang terdampak menjadi dua klaster.

Klaster pertama adalah masyarakat yang belum masuk ke data penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) namun bekerja di sektor yang rawan terdampak.

Sedangkan klaster kedua adalah masyarakat yang sudah masuk dalam data penerima BPNT.

"Untuk klaster pertama sudah kita cicil dan sudah mulai bisa kita salurkan bantuannya. Ibu Gubernur juga sudah meminta untuk menyiapkan penyerapan produk pertanian untuk didistribusikan yang terdiri dari beras dan telur," kata Emil, saat konferensi pers di Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo, Surabaya Selasa (31/3/2020).

Selain beras dan telur Pemprov Jatim juga menyiapkan pendistribusian gula dan minyak goreng yang diambil dari stok serta pabrik yang ada di Jawa Timur.

"Kalau untuk klaster yang kedua (penerima BPNT) akan bertambah seiring pengumuman presiden dari 15 juta jadi 20 juta penerima BPNT," lanjutnya.

Untuk di Jawa Timur sendiri Emil menjelaskan akibat Virus Corona ini ada 3,88 juta pekerja dari sejumlah sektor yang terdampak.

"Di Jatim kurang lebih 930 ribu yang sudah tercover BPNT dari sektor non agro. Ini artinya sekitar 2,95 juta dari 3,88 juta yang kemungkinan besar belum tercover BPNT," lanjut Mantan Bupati Trenggalek ini.

Untuk itu pihaknya terus melakukan penyisiran kepada masyarakat yang terdampak secara sosial ekonomi akibat adanya Covid-19 ini agar bisa segera dilakukan intervensi.

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved