Breaking News:

Advertorial

Ratusan Santri dari Kediri & Tulungagung Dipulangkan, Pemkab Trenggalek Pastikan Terpantau & Terdata

Ratusan santri dan santriwati dari Pondok Pesantren Lirboyo di Kediri dan Pondok Pesantren Ngunut di Tulungagung dipulangkan ke Trenggalek.

aflahul abidin/surya
Petugas di check point Terminal Durenan Trenggalek mengukur suhu tubuh, memfoto wajah, dan mencatat asal lokasi para santri yang pulang, Senin (30/3/2020). 

SURYA.co.id | TRENGGALEK - Ratusan santri dan santriwati dari Pondok Pesantren Lirboyo di Kediri dan Pondok Pesantren Ngunut di Tulungagung dipulangkan ke Trenggalek, Senin (30/3/2020). Mereka naik dengan rombongan bus dan berhenti untuk dicek data dan kesehatannya di check point Terminal Durenan.

Pemulangan santri ke rumah masing-masing itu sebagai antisipasi paparan virus Corona atau Covid-19. Kedua kabupaten lokasi pondok itu kini sudah masuk dalam zona merah. Camat Durenan, Zuhdan, memastikan para santri dan satriwati didata dan dicek kesehatannya sebelum pulang ke rumah masing-masing.

Petugas mengukur suhu tubuh, memoto masing-masing santri, dan menginput data tempat mereka tinggal.

"Yang kami cek hari ini negatif ODP (Orang Dalam Pantauan)," kata Zuhdan, di lokasi pengecekan.

Itu artinya, seluruh santri yang dicek tak menunjukkan gejala klinis virus Corona seperti suhu tubuh di atas 38 derajat celcius dan batuk.

Setelah pulang ke rumah masing-masing, para santri dan santriwati diminta untuk melaporkan ke aparat desa.

"Dengan begitu, tim kesehatan dan tim gugus tugas penganggulangan Covid-19 bisa memonitor kondisi kesehatan para santri. Adik-adik juga melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing," imbuhnya.

Salah satu pendamping rombongan santri dari Ponpes Lirboyo Kediri, Mohammad Abinaji, mengatakan pemulangan para santri karena lokasi kabupaten pondok sudah masuk dalam zona merah.

"Semua dipulangkan. Kecuali santri yang daerah aslinya juga redzone seperti Jakarta. Takutnya berbahaya bagi santri," kata Abinaji.

Pemulangan berlangsung dalam dua hari.

Halaman
12
Penulis: Aflahul Abidin
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved