Pilkada Sidoarjo

Pilkada Sidoarjo, BHS Remi Dapat Rekomendasi Dari Partai Golkar

Dengan merekom BHS, Golkar menjadi partai pertama yang mengeluarkan rekomendasi untuk bakal calon dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sidoarjo

surabaya.tribunnews.com/m taufik
Bambang Haryo (kiri) saat menerima surat rekomendasi dari Partai Golkar di Kantor DPD Golkar Sidoarjo, Senin (30/3/2020) 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Golkar menjadi partai pertama yang mengeluarkan rekomendasi untuk bakal calon dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sidoarjo.

Partai berlogo pohon beringin itu resmi menyerahkan rekomendasi kepada Bambang Haryo Sukartono (BHS) menjadi Calon Bupati Sidoarjo dalam pilkada nanti. Rekom diserahkan langsung ke BHS di Kantor DPD Golkar Sidoarjo, Senin (30/3/2020).

"Golkar keluarkan surat rekomendasi sementara. Artinya, BHS sudah positif menjadi calon dari partai Golkar," kata Ketua DPD Golkar Sidoarjo Warih Andono.

Menurutnya, Rekom sementara karena belum ada pasangan atau calon wakil bupatinya. Nanti setelah BHS punya calon wakil bupati dan berhasil menggandeng partai koalisi, rekomendasi partai untuk mendaftar ke KPU baru dikeluarkan.

Dalam rekomendasinya, Partai Golkar juga memberi kesempatan BHS agar segera mencari pendamping atau calon wakil bupati. Selain itu, Bambang juga diminta untuk membentuk koalisi dengan partai lain.

“Beberapa partai sudah berkomunikasi intens, dalam waktu dekat akan terbentuk koalisi. Tentang calon wakil, juga ada beberapa nama. Seperti Nur Hamad Syaifudin (Wakil Bupati Sidoarjo), Muhdlor Ali (putra KH Agoes Ali Masyhuri), Bahrul Amig (Kepala Dishub Sidoarjo), dan beberapa nama lain,” ujar Warih.

Selain itu, HS juga berkewajiban untuk membesarkan partai Golkar di Sidoarjo setelah mendapat rekom maju di Pilkada 2020.

Menanggapi rekomendasi yang diterimanya, Bambang Haryo mengaku siap untuk segera membentuk koalisi. Utamanya Partai Gerindra dan Partai Golkar. “Karena saya ini kader Gerindra,” kata Bambang.

Sejauh ini memang rekomendasi dari Partai Gerindra belum turun. Namun dia mengaku optimistis bisa mendapat rekom tersebut. Apalagi, diceritakannya, pada Pemilihan Gubernur Jawa Timur beberapa waktu lalu, Prabowo Subianto juga pernah menawarkan kepada dirinya untuk maju di Pilkada Jatim.

“Waktu itu saya merasa posisi saya belum siap. Karena waktu mepet, wilayah Jawa Timur luar, dan sebagainya. Tapi sekarang, karena banyak dukungan untuk saya maju di Pilkada Sidoarjo, saya yakin Partai Gerindra akan memberikan rekomendasinya untuk saya,” urai mantan anggota DRP RI tersebut.

Tentang calon wakil, disebutnya sudah ada beberapa nama yang cocok dan visi-misinya sama dengan dia. Dari sebelumnya ada sekitar empat nama, sekarang ini sudah mengerucut menjadi dua nama.

Apakah nama itu ada dalam nama-nama yang disebut oleh Warih Andono? “Ada, tapi jangan sekarang. Nanti kalau sudah pasti tentu akan kami sampaikan ke media,” jawabnya.

Selain Gerindra dan Golkar, Bambang juga mengaku sedang intens melakukan komunikasi dengan beberapa partai lain untuk menggalang koalisi. Namun secara hitung-hitungan, Gerindra dan Golkar saja sudah cukup untuk menjadi pengusung karena punya 11 kursi.  

Penulis: M Taufik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved