Berita Gresik

Pertimbangan Hakim Bebaskan Sekda Gresik Nonaktif Andhy Hendro Wijaya dari Dakwaan Korupsi

Sekda Gresik nonaktif Andhy Hendro Wijaya diputus bebas oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi Surabaya, Senin (30/3/2020).

surya.co.id/sugiyono
TENANG - Sekda Gresik nonaktif Andhy Hendro Wijaya meninggalkan ruang sidang PN Tipikor Surabaya dengan tenang setelah mendengar putusan bebas dirinya dari hakim, Senin (30/3/2020). 

SURYA.co.id | GRESIK - Sekda Gresik nonaktif Andhy Hendro Wijaya diputus bebas oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi Surabaya, Senin (30/3/2020).

Hakim menganaggap tuntutan Jaksa Kejaksaan Negeri Gresik terhadap terdakwa Andhy tidak memenuhi unsur korupsi.

Majelis hakim Pengadilan Negeri Tipikor Surabaya I Wayan Sosiawan, dengan hakim anggota Kusdarwanto dan DR Lusiana menyebutkan bahwa perbuatan terdakwa Andhy Hendro Wijaya tidak terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi pemotongan dana insentif pegawai Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Gresik.

Selain itu, putusan hakim memerintahkan kepada jaksa penuntut umum untuk membebaskan terdakwa Andhy Hendro Wijaya dari segala dakwaan dan mencabut hukuman terdakwa dari tahanan kota.

Menurut Hakim, pasal yang didakwakan jaksa yaitu Pasal 12 huruf (e) dan Pasal 12 huruf (f) Undang-undang Tindak pidana korupsi, tidak masuk dalam perbuatan terdakwa.

Menurutnya, penyisihan uang insentif yang disetorkan oleh para pegawai kepada saksi M Mukhtar selaku mantan sekretaris BPPKAD Kabupaten Gresik merupakan uang sah dari pegawai.

Sebab, uang tersebut telah diterima di masing-masing rekening pribadi pegawai.

Dalam pengumpulan penyisihan uang insentif tersebut juga dinilai tidak ada unsur paksaan.

Sebab, ada saksi yang tidak ikut iuran tidak menerima saksi administrasi maupun pemindahan jabatan.

Kemudian, uang penyisihan insentif pegawai tersebut dikelola oleh saksi M Mukhtar.

Halaman
123
Penulis: Sugiyono
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved