Breaking News:

Advertorial

Perbanyak Disinfektasi, Pemprov Jatim Sebar 18.400 Alat Rapid Test & Beri Reward Tenaga Kesehatan

Pemprov Jatim terus bergerak guna menangkal dan menanggulangi penyebaran virus corona (Covid-19)

SURYA.co.id/Fatimatuz Zahro
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa memberikan bantuan sebanyak 2.600 reagen PCR (Polymerase Chain Reaction) pendeteksi virus corona SARS-CoV-2 pada Institute of Tropical Disease (ITD) Universitas Airlangga Surabaya, Sabtu (28/3/2020). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) terus bergerak guna menangkal dan menanggulangi penyebaran virus corona (Covid-19). Bersama Gugus Tugas yang terbagi atas empat rumpun yaitu Rumpun Promotif Preventif, Rumpun Kuratif, Rumpun Tracing dan Rumpun Sosial Ekonomi terus melakukan tugas masing-masing untuk melakukan penanggulangan bencana non alam akibat wabah Covid-19 di Jawa Timur.

Per hari ini, Minggu (29/3/2020), data kasus positif covid-19 di Jawa Timur mencapai 90 orang. Sedangkan untuk orang yang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ada sebanyak 336 orang dan yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) mencapai 5.071 orang. 

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengatakan bahwa pihaknya terus melakukan berbagai upaya penanggulanga Covid-19. Seperti hari ini, titik penyemprotan disinfektan ditambahkan di pintu-pintu masuk di kawasan Madura. 

Dengan metode disinfektasi drive thru, titik penyemprotan dilakukan di pintu masuk Madura maupun keluar Madura mulai di jembatan Suramadu, juga di pintu masuk di pelabuhan dan kawasan kepulauan. 

“Kami melakukan rakor secara virtual, dengan kapolda dan pangdam dan forkopimda seluruh Jatim. Ini sudah dua kali kami lakukan. Termasuk hari ini tadi kami juga rakor virtual. Yang kami koordinasikan adalah termasuk mereka daerah-daerah yang sudah kedatangan warga yang mudik lebih awal,” kata Khofifah, sore ini.

Bagi daerah yang ada mudik lebih awal, maka harus dikoordinaskan titik-titik check poin. dan RT/RW Babinsa dan Babinkamtimbs segera mendata hingga melakukan observasi berbasis.

Hampir seluruh Jatim juga sudah diterapkan jalan-jalan tertib physical distancing untuk menjaga daerah yang sudah ditentukan untuk ditutup di jam tertentu dan di titik tertentu.

Koordinasi yang dilakukan termasuk upaya-upaya yang harus disinergikan dalam melakukan upaya pencegahan, pengobatan dan pelacakan orang yang terjangkit Covid-19.

Begitu juga arah ke Madura, juga mulai terapkan check dan dilakukan disinfektan drive thru dan mereka yang dalam rombongan bis dan bukan warga Madura maka diharapkan untuk menunda pulang kampung ke Madura. 

“Sore ini sudah mulai disiapkan drive thru disinfektan ke arah Madura ke Surabaya dan sebaliknya supaya masyarakat mendapat pemeriksaan secara berlapis,” tegas Khofifah.

Halaman
1234
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved