Virus Corona di Blitar

Pemkot Blitar Alihkan Anggaran Peringatan Hari Jadi Rp 15 Miliar untuk Penanganan Wabah Virus Corona

Selain untuk menunjang kebutuhan tenaga medis, anggaran itu juga dipakai untuk mengantisipasi dampak ekonomi masyarakat akibat wabah virus Corona.

SURYA.co.id/Samsul Hadi
Plt Wali Kota Blitar, Santoso. 

SURYA.CO.ID, BLITAR - Pemkot Blitar, membatalkan sejumlah kegiatan peringatan Hari Jadi Kota Blitar yang banyak mengumpulkan massa.

Pemkot Blitar juga mengalihkan anggaran kegiatan peringatan Hari Jadi Kota Blitar untuk percepatan penanganan wabah virus Corona atau Covid-19.

"Sejumlah kegiatan hari jadi yang banyak mengumpulkan massa kami hentikan. Anggarannya kami alihkan untuk penanganan wabah virus Corona," kata Plt Wali Kota Blitar, Santoso, Senin (30/3/2020).

Ia mengatakan, total anggaran peringatan Hari Jadi Kota Blitar yang dialihkan untuk penanganan wabah virus Corona sekitar Rp 15 miliar.

Anggaran itu akan dipakai untuk menunjang kebutuhan tenaga medis seperti APD, masker dan hand sanitizer dalam penanganan wabah virus Corona.

"Jumlahnya mungkin bisa berkembang lagi. Untuk sementara kami sediakan Rp 15 miliar dari pengalihan anggaran peringatan Hari Jadi Kota Blitar," ujarnya.

Selain untuk menunjang kebutuhan tenaga medis, kata Santoso, anggaran itu juga dipakai untuk mengantisipasi dampak ekonomi masyarakat akibat wabah virus Corona.

Pemkot Blitar akan memberikan bantuan sembako kepada masyarakat yang terdampak wabah virus Corona.

"Para buruh, tukang becak dan PKL yang tidak bisa bekerja karena ada wabah virus Corona akan kami beri bantuan sembako. Sekarang, kelurahan masih mengumpulkan datanya," katanya.

Bantuan sembako itu, tambah Santoso, hanya diberikan kepada warga terdampak yang tidak menerima bantuan beras sejahtera daerah (Rastrada) dan bantuan pangan non tunai (BPNT).

"Untuk warga penerima Rastrada dan BPNT sudah dapat jatah bantuan tiap bulan. Mudah-mudahan bantuan sembako untuk warga terdampak wabah virus Corona sudah bisa diberikan April 2020," katanya.

Seperti diketahui, Hari Jadi Kota Blitar diperingati tiap 1 April. Biasanya, Pemkot Blitar menggelar berbagai acara selama sebulan untuk merayakan peringatan hari jadi.

Agenda besar dan rutin dalam peringatan Hari Jadi Kota Blitar, yaitu, Pawai Budaya dan Bazar Djadoel. Selain itu, juga ada acara hiburan rakyat, istigasah, pengajian, pertunjukan wayang kulit dan sejumlah kegiatan lainnya

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved