Single Focus

Pedagang Buku di Kampung Ilmu Andalkan Penjualan Online Sejak Virus Covid-19 Merebak

"Toko saya juga buka via online. Sejak ramai virus corona, pembelian lewat toko online malah naik dua kali lipat dibandingkan sebelumnya," katanya

surya.co.id/christine ayu nurchayanti
Aktivitas jual beli buku di Kampung Ilmu, Jl Semarang, Surabaya 

SURYA.co.id, Surabaya - Suasana sepi terlihat di Kampung Ilmu Jalan Semarang, Jumat (27/3) siang. Tak ada hiruk pikuk jual beli. Hanya ada sekitar tiga pembeli yang terlihat memilih buku dan tawar menawar dengan penjual.

Beberapa pedagang buku terlihat duduk di depan toko masing-masing sambil menawarkan dagangan.

Di tengah pandemik Covid-19, mereka tidak punya pilihan selain tetap berjualan seperti biasa, meski terjadi penurunan omzet yang tajam.

"Setelah ramai virus corona, memang terjadi penurunan pembeli. Di toko saya bahkan sampai 70 persen," kata Hari Siswanto, pedagang buku di Kampung Ilmu.

Ia menyebut, perubahan jumlah pembeli di Kampung Ilmu berbanding terbalik dengan penjualan online.

"Toko saya juga buka via online. Sejak ramai virus corona, pembelian lewat toko online malah naik dua kali lipat dibandingkan sebelumnya," tutur pemilik Toko Buku Nusantara ini.

Tak hanya Hari, pedagang lainnya juga merasakan hal serupa. "Sebenarnya agak was-was. Tetapi ya mau bagaimana lagi. Yang penting tetap menjaga keselamatan, seperti sering-sering mencuci tangan dan jaga jarak dengan orang lain," ungkapnya.

Sejauh ini, Hari tetap santai menanggapi maraknya Covid-19. Ia menilai, sikap panik malah membuat kondisi semakin buruk.
Jaga kebersihan

Tidak hanya Hari, penurunan jumlah pembeli juga dirasakan Nurmala. Seperti Hari, ia tetap memilih berjualan seperti biasa meskipun tidak banyak yang beli.

"Penurunannya sampai 85 persen sejak awal Maret kemarin, sejak diberlakukannya libur serentak di Surabaya," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved