Virus Corona di Tuban

Pemkab Tuban Terapkan Sistem Shift Bagi ASN, Sehari Kerja di Rumah Sehari Kerja di Kantor

pemberlakuan sistem shift sehari kerja di kantor dan sehari kerja di rumah dilakukan mulai 27 maret hingga 3 april 2020.

ist/humas pemkab tuban
Aparatur Sipil Negara Kabupaten Tuban saat melakukan gelar upacara di halaman kantor Pemkab 

Laporan Wartawan Surya, Mochamad Sudarsono

SURYA.co.id | TUBAN - Pemerintah Kabupaten Tuban telah menerapkan sistem shift kerja bagi aparatur sipil negara (ASN) sebagai bentuk dalam pencegahan virus corona atau covid 19.

Namun itu tidak berlaku bagi semua ASN di lingkup pemerintahan, terutama yang tidak pada bidang pelayanan masyarakat.

Sesuai surat edaran yang ditandatangani Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban, Budi Wiyana, tertuju kepada seluruh pimpinan perangkat daerah, Direktur RSUD Dr Koesma, Direktur RSUD RS Ali Manshur, dan Pimpinan BUMD, pemberlakuan sistem shift sehari kerja di kantor dan sehari kerja di rumah dilakukan mulai 27 maret hingga 3 april 2020.

Adapun untuk pembagian serta pengaturan jadwal diatur lebih lanjut oleh masing-masing perangkat daerah secara proporsional.

Namun hal ini tidak berlaku bagi pejabat pimpinan tinggi pratama, administrator, pejabat yang mempunyai tupoksi di bidang pelayanan publik, dan ASN yang bertempat tinggal jauh dari kantornya.

"Berlaku shift kerja mulai hari ini hingga beberapa hari mendatang, tapi ada pengecualian yang tidak dapat shift," kata Sekda, Kamis (27/3/2020)

Dijelaskannya, pejabat tinggi pratama dan administrator tetap masuk seperti hari biasa.

Sedangkan khusus perangkat daerah di bidang pelayanan publik, pengaturan jam kerja dilakukan oleh masing-masing kepala perangkat secara proporsional agar tidak mengganggu pelayanan masyarakat.

Bagi ASN yang rumahnya jauh, terlebih luar kota yang berada di zona merah penyebaran covid 19, agar bekerja di rumah sesuai dengan tugas yang diberikan atasannya.

"Jadi pemberlakuan shift ini ada ketentuannya, diutamakan bagi yang bersentuhan dengan pelayanan publik. Pada masa pemberlakuan shift ini akan ada evaluasi sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan," pungkasnya.

Penulis: M. Sudarsono
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved