Antisipasi Virus Corona Jawa Timur

Lapas Pamekasan Sediakan Bilik Sterilisasi Corona di Pintu Masuk

Lapas Pamekasan Madura menerapkan beberapa kebijakan baru untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona

Kuswanto Ferdian/TribunMadura.com
Bilik sterilisasi Covid-19 yang disediakan Lapas Pamekasan di depan pintu masuk, Jumat (27/3/2020). 

SURYA.co.id | PAMEKASAN - Lapas Pamekasan Madura menerapkan beberapa kebijakan baru untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona atau Covid-19. Salah satunya penyediaan bilik sterilisasi.

Bilik Sterilisasi Covid-19 ini digunakan untuk para tamu atau pun petugas lapas yang akan memasuki lingkungan Lapas Pamekasan. Sebelum memasuki pintu utama, seluruh petugas lapas atau pun tamu diwajibkan mencuci tangan terlebih dahulu pada sarana yang telah disediakan oleh pihak Lapas Pamekasan.

Setelah itu, memasuki Box Sterilisasi untuk disemprot menggunakan cairan khusus. Kepala Lapas Pamekasan, M. Hanafi mengatakan, bilik sterilisasi Covid-19 ini diberlakukan guna mengantisipasi penyebaran virus corona.

Dengan disediakannya bilik sterilisasi Covid-19 tersebut, pihaknya mengaku sebagai langkah serius dalam menanggapi pandemi Covid-19.

“Guna mencegah penyebaran virus di lingkungan Lapas Pamekasan, dari depan Lapas kita mulai menyediakan sabun untuk mencuci tangan, atau Hand Sanitizer, selanjutnya siapa pun yang akan masuk harus melewati Box Sterilisasi,” kata Hanafi kepada TribunMadura.com, Jumat (27/3/2020).

Selain itu, Hanafi menyampaikan adapun beberapa tahapan yang perlu dilakukan pengunjung sebelum masuk ke Lapas Pamekasan, seperti pengecekan suhu tubuh oleh petugas yang sudah siap untuk melayani pengecekan.

Apabila kondisi tubuh pengunjung masih masih normal setelah dilakukan pengecekan, kata dia, selanjutnya akan diarahkan untuk menggunakan hand sanitizer.

“Seperti yang kita ketahui saat ini, penyebaran Virus Corona di Indonesia makin meningkat, oleh karena itu kita berupaya semaksimal mungkin untuk mencegah penyebaran Virus corona, terutama di Lapas Pamekasan. Karena di sini kita punya Ratusan Warga Binaan yang harus kita jaga,” ujarnya.

Lebih lanjut, Hanafi mengungkapkan, langkah preventif ini pihaknya lakukan merupakan bagian dari upaya Lapas Pamekasan untuk menanggulangi penyebaran Covid-19 di lingkungan pemasyarakatan.

“Kami berinovasi membuat bilik sterilisasi sendiri dengan sumber daya yang ada. Yang jelas kami melakukan semua usaha terbaik untuk mencegah masuknya virus corona ke dalam lapas, rutan, dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak di Lapas Pamekasan ini,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, Hanafi juga mengatakan selain menyediakan bilik sterilisasi Covid-19 ini, pihaknya juga sudah mengeluarkan berbagai kebijakan dalam rangka kesiapsiagaan pencegahan penyebaran virus corona di wilayah Lapas Pamekasan.

Kebijakan itu antara lain berupa penyediaan fasilitas cuci tangan, pembatasan kunjungan dengan cara dialihkan menjadi kunjungan via video call, hingga penutupan sementara bagi pengunjung.

Penulis: Didik Mashudi
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved