Antisipasi Virus Corona Jawa Timur

Jalankan Kebijakan Social Distancing, Ruas Jalan Ijen di Kota Malang Besok Akan Mulai Ditutup

Cegah penyebaran virus Corona, Polresta Malang Kota dan Pemkot Malang akan tutup ruas Jalan Ijen, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

SURYA.co.id/Kukuh Kurniawan
Jalan Ijen Kota Malang yang Sabtu (28/3/2020) besok, akan diterapkan menjadi jalur social distancing. 

SURYA.co.id | MALANG - Cegah penyebaran virus Corona (Covid-19), Polresta Malang Kota dan Pemkot Malang akan tutup ruas Jalan Ijen, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata mengatakan bahwa pihaknya menjadikan Jalan Ijen sebagai jalur social distancing.

"Rencananya sepanjang Jalan Raya Ijen akan kita tutup pada hari Sabtu dan Minggu. Untuk jadwalnya, saat pagi hari mulai pukul 08.00 - 12.00. Sedangkan untuk malam harinya, akan ditutup mulai pukul 19.00 - 23.00," ujar Kombes Pol Leonardus Simarmata, Jumat (27/3/2020).

Selain itu, pihaknya juga menerapkan social distancing di beberapa perumahaan. Di mana telah diterapkan pembatasan akses keluar masuk wilayah perumahan.

Sehingga jalur keluar masuk perumahan hanya melalui satu jalur saja (one gate system).

"Penerapan social distancing itu merupakan hasil dari rakor bersama yang diselenggarakan oleh Polresta Malang Kota, Kodim 0833, Pemkot Malang dan pengelola perumahaan. Dan dari rakor itu, ada 10 perumahan yang akan menerapkan social distancing," tambahnya.

10 perumahaan itu di antaranya adalah Perumahan Permata Jingga, Ijen Nirwana dan Araya. Bahkan, ojek online dan kurir akan dilarang untuk masuk ke dalam area perumahan.

"Jadi kalau ada ojek online atau kurir membawa pesanan makanan atau barang, tidak boleh langsung masuk ke dalam perumahan. Oleh karena itu ada satu orang yang ditunjuk dan yang telah dipercaya, untuk menjadi perantara antara kurir maupun ojek online. Barang atau kiriman apapun harus diberikan ke perantara dahulu dan nantinya perantara itu akan menyampaikan ke warga perumahan yang telah memesannya," bebernya.

Dirinya berharap agar apa yang dilakukan ini dapat memutus rantai penyebaran virus corona. Sekaligus menjaga agar masyarakat tetap selalu berada di dalam rumah.

"Dan bila nanti efek social distancing yang kita lakukan berjalan bagus, bukan tidak mungkin kita akan menerapkan di beberapa ruas jalan di Kota Malang," tandasnya.

Penulis: Kukuh Kurniawan
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved